Apa yang Harus Anda Lakukan dalam Pencegahan Infeksi Saluran Kemih pada Anjing?

G:\ARTIKEL INDO\JUNI 2022\SUSAN PROJECT\Pesanan Royal Canin (Batch 3) Mei 2022 - Minggu 1 & 2\saluran kemih 2.jpg

Ketika anjing mengalami sebuah masalah pada sistem urinernya tentu saja hal tersebut tidak akan membuatnya nyaman. Salah satunya adalah Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang terjadi pada saat ada bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh anjing. Ada begitu banyak kasus bahwa Infeksi Saluran Kemih ini bisa saja tidak terdeteksi pada anjing dan bahkan tidak ada gejala atau tanda yang muncul sama sekali. 

Gangguan seperti ini akan menimbulkan berbagai macam rasa sakit ketika buang air kecil dan risiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang lain. Supaya dapat mencegah rasa sakit maupun ketidaknyamanan yang dirasakan anjing anda, Anda harus memberinya makanan yang bergizi seperti Royal Canin. Selain itu, berikut ini adalah beberapa cara cara untuk melakukan bukan pencegahan dini ISK pada anjing.

Memastikan Anjing Anda Terpelihara dengan Baik

Anda sebagai pemiliknya harus sebisa mungkin untuk menjaga area belakang tubuh anjing agar tetap bersih. Biasanya ISK akan lebih banyak terjadi pada anjing betina dibandingkan dengan anjing jantan. Hal tersebut dikarenakan bentuk alat kelamin anjing betina dan posisinya yang berdekatan dengan anus, juga karena kelamin tersebut sangat terbuka dan bisa menjadi titik masuknya kontaminasi sisa kotoran dari anus.

Yang paling penting adalah apapun jenis kelamin anjing anda, maka sangat penting untuk memotong atau memangkas bulu pada area sekitar alat kelamin dan pantatnya. Hal ini dapat mengurangi potensi bakteri atau kotoran yang berasal dari tanah atau lumpur menempel pada alat kelamin anjing.

Lebih Baik Anjing Buang Air Kecil dengan Teratur

Pada saat urine semakin lama menumpuk di saluran untuk buang air kecil si anjing, maka akan semakin tinggi juga kesempatan bakteri untuk berkembang biak. Buang air kecil dengan teratur dapat mengeluarkan bakteri dari saluran kemih dan mengurangi risiko untuk terjadinya sebuah infeksi. Sebaiknya anjing harus mengosongkan saluran pada kandungan kemih minimalnya adalah setiap 4 jam sekali. Perlu Anda ketahui bahwa seekor anjing dewasa dapat menahan buang air kecil bahkan hingga 8 sampai 10 jam, namun hal tersebut bukanlah hal yang baik. Selalu beri kesempatan anjing anda untuk beristirahat dan buang air kecil.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.