Cara Mudah Mengetahui Berat Ideal Kucing

Seorang cat owner wajib tahu bahwa hewan kesayangannya tersebut harus memiliki berat badan yang ideal. Pasalnya, berat ideal kucing juga berpengaruh pada kesehatannya. Cegah kucing Anda dari obesitas dengan tidak terlalu memanjakannya dengan memberi asupan makanan yang berlebihan.

Kebiasaan memberi makanan yang berlebihan ini dianggap sesuatu hal yang sangat serius. Penambahan beberapa kilogram saja bisa mengakibatkan si kucing mengalami diabetes atau penyakit lainnya, misalnya seperti radang sendi.

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Kucing

Untuk mengetahui berat badan kucing tidaklah sulit. Meski begitu, Anda harus bisa membedakan berat badan untuk jenis-jenis kucing tertentu. Pasalnya untuk beberapa jenis kucing ras memiliki berat badan yang berbeda tergantung dari ukuran normal dari kucing-kucing  tertentu.

Kucing rumahan biasa memiliki berat badan ideal mulai dari 3,6 kg hingga 4,5 kg. Ukuran tersebut untuk jenis kucing dewasa. Namun seperti yang kami jelaskan sebelumnya, ukurannya bisa berbeda-beda untuk jenis kucing tertentu.

Perbedaan berat badan bisa kentara saat Anda menemukan kucing ras yang lebih kecil atau lebih besar. Contohnya kucing siam dewasa yang umumnya memiliki berat badan ideal 2,2 kg saja. Ukuran kucing siam lebih kecil dibandingkan kucing rumahan lain pada umumnya.

Di lain sisi, ada juga kucing yang memiliki berat badan di atas rata-rata. Kucing dengan berat badan besar yaitu kucing ras maine coon dengan berat yang bisa mencapai 11 kg. berat tersebut untuk berat normal kucing tersebut.

Selain itu, juga ada cara lain untuk mengetahui berat badan idealnya. Cara tersebut yaitu melalui body conditioning score atau BCS. Silahkan Anda cari poster BCS di internet untuk membandingkannya.

Poster BCS sendiri tidak sulit ditemukan. Skornya mulai dari 1 hingga 9. Skor untuk kucing normal mulai dari 3 hingga 5. Skornya pun tergantung dari jenis ras kucing yang Anda miliki. Silahkan bandingkan saja sesuai skor yang Anda lihat dari poster yang ada di internet.

Demikian informasi penting seputar cara mengetahui berat ideal kucing yang mudah dan juga cepat. Anda bisa melakukan perbandingan dengan cara yang mudah dan juga simpel. Beri mereka makanan terbaik seperti Royal Canin. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.