4 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Harga Kalung Berlian

Berlian merupakan salah satu jenis batu permata yang menjadi idaman banyak orang untuk dimiliki, terutama kaum hawa. Batu ini dipercaya sebagai batu alam yang sangat kuat, tahan goresan, tidak mudah rusak, sangat awet dan juga memiliki kilauan yang sangat indah. Hal ini juga yang membuat harga perhiasan dari batuan ini termasuk harga kalung berlian tergolong memiliki nilai yang cukup tinggi, baik per gram maupun per karat.

Meski dengan harganya yang tergolong cukup tinggi, namun hal tersebut dianggap sebanding dengan kualitas berlian sebagai batu paling berharga dan keras di dunia serta tentu terbukti keindahannya.

Harga berlian berbeda dengan emas, tidak mudah naik dan turun di setiap waktunya. Selain itu, berlian yang memiliki 1 karat saja sudah bisa menjadi langkah investasi yang cukup berharga. Dari sudut pandang keuangan, berlian adalah salah satu media yang cocok dijadikan sebagai aset investasi jangka panjang.

Hal tersebut didukung dengan berlian yang selalu diminati oleh banyak orang baik dalam bentuk butiran maupun perhiasan, sehingga memudahkan Anda ketika akan menjualnya. Hanya saja, jika Anda berniat untuk berinvestasi sekaligus mendapatkan penampilan yang menawan, berlian berbentuk perhiasan adalah pilihan terbaik. 


Faktor yang Mempengaruhi Tingginya Harga Berlian

Harga berlian memang sulit untuk diprediksi. Sebab, nilai dari sebuah berlian ditentukan oleh faktor yang cukup kompleks dan beragam. Namun, yang pasti adalah batu permata ini tetap lebih mahal dibandingkan jenis batuan lainnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga berlian. Diantaranya:

Berat carat

Carat atau karat merupakan berat atau ukuran berlian. Satu karat berlian sama dengan 200 miligram. Karat tersebut adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga. Dengan kata lain, semakin besar karat suatu berlian, maka akan semakin tinggi pula nilai harga yang dimilikinya.,

Warna berlian

Perlu Anda ketahui, bahwa berlian hadir dengan beberapa pilihan warna yang beragam. Hal tersebut juga berdampak besar pada harganya. Berlian memang memiliki banyak warna, akan tetapi berlian yang umumnya tersedia di pasaran adalah warna kuning atau cokelat.

Berlian yang tidak berwarna atau jernih merupakan berlian yang cukup langka dan sulit ditemukan, karena tidak murni atau murni secara kimia. Beberapa orang sangat menyukai berlian dengan kejernihan yang tinggi dan tidak mementingkan warnanya. Namun, tak sedikit pula yang menganggap faktor warna sangat penting. Hal tersebut tentu kembali lagi pada selera masing-masing.

Tingkat kejernihan

Tingkat kejernihan berlian dapat dilihat dari ada atau tidaknya kondisi luar dan dalamnya. Dalam dunia pasar berlian, hal tersebut dikenal dengan dengan kemurnian atau kualitas.

Berlian yang memiliki tingkat kejernihan yang tinggi sangat sulit ditemukan, karena kebanyakan berlian mengandung inklusi (zat padat, cair, atau gas). Maka, semakin sedikit inklusi yang terdapat pada berlian, semakin tinggi pula harganya. 

Setidaknya ada lima faktor yang menentukan kejernihan berlian, diantaranya ukuran, nomor, posisi, sifat, dan warna. Nilai kejernihan berlian bisa dinilai berdasarkan inklusi yang paling terlihat.

Potongan Berlian

Berlian dengan potongan yang bagus, akan memiliki kilauan dan indah. Jika sebuah berlian memiliki tingkat kejernihan yang sempurna, namun potongannya tidak bagus, maka berlian tidak akan maksimal dalam memancarkan kilaunya. Semakin bagus potongan sebuah berlian, maka akan semakin indah pula kiluan yang dipancarkannya, dan tentu akan semakin tinggi juga harganya.

Itulah 4 faktor yang dapat mempengaruhi harga sebuah berlian. Jika Anda ingin memiliki berlian dalam bentuk perhiasan, Anda bisa mendapatkannya di The Palace Jeweler. The Palace Jeweler sendiri merupakan salah satu toko penyedia berbagai jenis perhiasan berlian dengan kualitas dan keaslian yang terjamin dari setiap yang ditawarkannya. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.