Inilah Cara yang Benar Membersihkan Kalung Berlian Asli


Mengenakan perhiasan bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan penting bagi wanita. Dengan perhiasan, kebanyakan wanita akan merasa lebih percaya diri dalam berpenampilan. Banyak jenis perhiasan yang bisa dijadikan penunjang penampilan, termasuk kalung berlian asli. Dengan kemewahan yang dimiliki, kalung bertahtakan berlian akan menjadi perhiasan yang dapat semakin memancarkan aura kecantikan dan keanggunan dari seorang wanita.

Sebagai perhiasan yang berharga mahal, tentu kalung berlian mewah sangat cocok dijadikan koleksi. Meski harganya tidak murah, mengoleksi perhiasan berlian termasuk kalung akan menjadi kebanggaan tersendiri. Namun jangan sampai koleksi perhiasan mewah itu sekadar menjadi simpanan. Dengan kata lain, koleksi perhiasan berlian harus dirawat dengan baik agar tidak rusak serta kilaunya tetap terjaga. Dalam merawatnya, bagian terpenting adalah membersihkannya secara rutin dengan benar seperti berikut ini.

  1. Buat Larutan Pembersih Sendiri

Sebenarnya toko perhiasan berlian juga menyediakan layanan untuk membersihkan perhiasan-perhiasan tersebut, termasuk kalung. Akan tetapi, membersihkan sendiri di rumah sepertinya cukup praktis. Caranya pun tidak terlalu sulit karena tidak membutuhkan bahan atau alat khusus. Pertama, buat larutan pembersih dengan mencampurkan sedikit sabun dan air bersih. Tempatkan larutan tersebut dalam wadah yang bersih serta pastikan bubuk sabunnya larut seluruhnya dalam air. Jangan lupa untuk mengaduk larutan tersebut hingga menghasilkan busa.

  1. Rendam Kalung dalam Larutan Pembersih

Membersihkan kalung berlian sebenarnya cukup mudah karena tidak membutuhkan perlakukan khusus. Apalagi berlian merupakan batu mulia yang sangat kuat, tidak mudah tergores dan tahan terhadap gesekan. Hanya saja tetap perlu berhati-hati dan melakukannya dengan perlahan agar tidak ada bagian dari perhiasan berlian yang terlepas. Kalung berlian selanjutnya bisa direndam dalam larutan pembersih selama kurang lebih 15 menit. Perendaman ini bertujuan untuk meluruhkan kotoran atau ringan dan melunakkan kotoran yang keras.

  1. Gunakan Sikat dan Tusuk Gigi

Setelah direndam, pastikan semua kotoran terangkat dari kalung. Jika masih ada kotoran yang menempel, gunakan sikat dengan bulu lembut untuk menggosoknya. Apabila ada kotoran yang terselip dan sulit dijangkau dengan bulu sikat, manfaatkan tusuk gigi untuk mengangkat kotoran tersebut. Pada tahap ini dibutuhkan ketelitian karena harus dipastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang tertinggal di bagian kalung.

  1. Bilas dengan Air Bersih

Langkah selanjutnya, kalung berlian yang telah dibersihkan dengan sikat dan larutan sabun bisa dibilas. Air yang digunakan untuk membilas kalung berlian harus berupa air bersih. Tidak perlu membilas dari air yang mengalir karena jika aliran air terlalu deras justru akan merusak bagian dari perhiasan berlian. Cukup tempatkan air bersih dalam wadah terbuka. Pembilasan ini bisa dilakukan berulang kali dengan cara mengganti air secara bergantian.

  1. Keringkan sebelum Disimpan Kembali

Setelah dibilas dengan air bersih, bukan berarti tahap pembersihan kalung berlian telah selesai. Sebagai tahap akhir, kalung berlian masih perlu dikeringkan. Tisu atau lap bersih dan kering bisa digunakan pada tahap ini. Mengeringkannya juga harus ke semua bagian agar tidak ada sisa air yang tertinggal. Tahap ini juga bisa dilakukan di tempat yang mendapat angin cukup untuk membantu proses pengeringan agar lebih cepat. Sebaiknya tidak terlalu cepat menyimpan perhiasan pada kotaknya kembali sebelum benar-benar kering.

Dengan cara membersihkan yang tepat, kalung berlian asli akan memancarkan kilaunya kembali yang sebelumnya sempat kusam akibat pemakaian. Lakukan cara-cara di atas dengan benar dan perlahan. Kalung dengan berlian asli dan berkualitas terbaik hanya ada di Mondial.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.