Tips Menggunakan Popok Bayi Makuku



Popok bayi sekali pakai seperti popok bayi Makuku menjadi pilihan banyak Ibu karena dianggap praktis. Selain itu, popok dari Makuku Family juga berkualitas premium sehingga nyaman dan aman digunakan oleh Si Kecil. Bayi tidak akan mengalami ruam ataupun infeksi karena penggunaan popok bayi. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengetahui bagaimana cara menggunakan popok bayi yang tepat. Langsung saja, berikut ini tips selengkapnya untuk Anda:

Pilih Ukuran yang Tepat

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan ketika akan memberikan popok sekali pakai pada Si Kecil adalah memilih ukuran yang tepat. Popok sekali pakai sendiri terdiri dari berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar. Pastikan memilih popok sesuai ukuran Si Kecil agar mereka tidak kesempitan atau kelonggaran. Popok yang longgar menyisakan celah yang berisiko membuat kulit lembab dan muncul ruam. Sedangkan popok yang sempit membuat Si Kecil tidak nyaman.



Ganti Popok Setiap 2-3 Jam

Bayi atau anak-anak pada umumnya sangat sering buang air kecil. Namun Anda tidak perlu menunggu popok penuh untuk menggantinya. Sebaiknya ganti popok setelah 2-3 jam penggunaan. Mengganti popok setelah penuh berisiko membuat saluran kemih Si Kecil bermasalah. Pasalnya kelembaban berlebih bisa memancing bakteri dan kuman untuk masuk ke saluran kemih.


Bersihkan Kulit Si Kecil Sebelum Menggunakan Popok

Sebelum menggunakan popok bayi Makuku yang baru, Anda harus memastikan bahwa kulit Si Kecil sudah bersih. Gunakan tisu basah untuk membersihkan bagian lipatan paha, anus, area kulit, maupun alat kelamin Si Kecil. 

Cara membersihkannya yaitu dari arah depan ke belakang. Tujuannya untuk mengurangi risiko infeksi saluran kemih, terutama pada bayi perempuan. Gunakan handuk yang lembut dan bersih untuk mengeringkan kulit Si Kecil. Jika ingin meminimalisir risiko ruam, Anda bisa mengoleskan krim sesuai anjuran dokter.

Rapikan Karet Popok

Selain menggunakan krim sesuai anjuran dokter, Anda juga bisa meminimalisir ruam pada anak dengan merapikan karet popok. Produk popok dari Makuku menggunakan karet pada bagian pinggang agar bisa menyesuaikan ukuran pinggang bayi. Dengan begitu, Si Kecil akan tetap merasa nyaman saat menggunakannya. Pasalnya karet yang terlalu ketat bisa membuat bagian pinggang infeksi atau muncul kemerahan.

Perhatikan Posisi Popok

Bukan hanya posisi karet saja, Anda juga perlu memperhatikan posisi popok secara keseluruhan. Pastikan bagian popok sudah menutupi semua bagian bokong Si Kecil. Usahakan posisi popok tidak membuat celah. Pasalnya celah tersebut bisa menimbulkan kelembaban yang tidak baik untuk kesehatan bayi. Setelah posisi popok tepat, Anda bisa langsung memberikan celana pada Si Kecil agar mereka siap kembali beraktivitas.

Buang Popok dan Tisu yang Kotor

Tips terakhir yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah membuat popok yang sudah penuh dan juga tisu yang digunakan untuk membersihkan kulit Si Kecil. Cara membuang yang tepat yaitu dengan memasukkan ke kantong plastik, lalu ikat serta buang ke tempat sampang. Cuci tangan kembali setelah membuangnya baru Anda bisa bermain bersama Si Kecil.

Itulah tips menggunakan popok bayi Makuku yang perlu Anda ketahui. Kenyamanan merupakan yang utama. Jadi jangan sembarangan memilih popok untuk Si Kecil. Dengan kualitasnya yang premium, Si Kecil akan lebih nyaman dan aman selama menggunakan popok sekali pakai. Anda bisa membeli popok dari Makuku Family di store yang telah tersebar di berbagai kota. Atau Anda juga bisa membelinya secara online di marketplace kesayangan. Selain popok, Makuku Family juga menjual banyak kebutuhan bayi lainnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.