Tiga Hal yang Dihindari dalam Menjalankan Bisnis Syariah

Salah satu prinsip utama yang harus diterapkan bagi setiap muslim saat membuka sebuah usaha adalah harus menjunjung tinggi nilai-nilai Syariah. Semua orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai Syariah tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari segi finansial akan tetapi juga keberkahan yang akan bermanfaat di masa yang akan datang. Bisnis Syariah merupakan salah satu bidang usaha yang menawarkan keuntungan cukup besar. Salah satu alasannya adalah karena pangsa pasar bisnis tersebut sangat luas dan beragam terlebih lagi apabila diterapkan di Indonesia.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pemeluk agama Islam terbesar yang ada di Indonesia sehingga menjadi pangsa pasar terbaik bagi pelaku bisnis Syariah. Meskipun menawarkan keuntungan yang cukup besar akan tetapi pelaku bisnis dalam bidang Syariah harus berhati-hati dalam menjalankan usaha tersebut. Ada 3 macam hal yang harus dihindari saat menjalankan usaha dalam bidang Syariah salah satunya adalah riba. 

Riba merupakan sebuah keuntungan dari modal yang kita miliki. Pastikan keuntungan yang didapatkan halal dan terhindar dari riba serta menguntungkan kedua belah pihak. Hal berikut yang harus dihindari saat menjalankan usaha dalam bidang syariah adalah maysir. Maysir memiliki arti memperoleh keuntungan atau sesuatu dengan sangat mudah tanpa kerja keras. Beberapa contoh maysir adalah judi, prediksi maupun spekulasi dalam transaksi keuangan sehingga memperoleh keuntungan yang merugikan salah satu pihak.

Hal lainnya yang perlu dihindari saat menjalankan bisnis Syariah adalah gharar. Gharar memiliki arti penipuan atau ketidakjelasan yang tentu akan merugikan salah satu pihak. Dalam transaksi keuangan syariah harus ada kepastian atau kejelasan sehingga kedua belah pihak mengetahui perjanjian dan untung-rugi akan didapatkan dalam pengelolaan keuangan tersebut. 

Apabila ketiga macam hal tersebut bisa dihindari maka bisnis atau usaha yang akan dijalankan pasti akan terus berkembang serta memiliki keberkahan karena terus mengedepankan prinsip-prinsip syariah dalam pengelolaan keuangan maupun transaksi yang dijalankan. Bagi semua orang yang sedang kebingungan mencari modal usaha atau pembiayaan yang berbasis Syariah untuk mengembangkan usaha dalam bidang Syariah maka Bank Danamon menjadi pilihan yang sangat tepat melalui produk Syariah bisnis atau pembiayaan investasi IB.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.