7 Makanan Bernutrisi Tinggi Yang Bermanfaat Untuk Imunitas Si Kecil

Setiap anak yang terlahir didunia dengan sistem daya tahan tubuh yang belum sempurna untuk menghadapi kuman dan organisme biang penyakit. Imunitas anak terhadap suatu penyakit baru terbentuk setelah tubuh anak berperan melawan kuman penyakit. Kendati kekebalan tubuh bisa terbentuk dengan cara alami, orang tua perlu berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak, dengan memberikan makanan bernutrisi tinggi.

Makanan yang kaya akan nutrisi sangat dibutuhkan oleh anak, apalagi pada masa pertumbuhannya. Asupan makanan yang kaya nutrisi dapat membantu pertumbuhan yang optimal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si kecil. berbagai makanan bernutrisi tinggi dibutuhkan anak untuk daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit dan tidak menghambat proses tumbuh kembangnya.

Ada beberapa makanan yang sangat baik untuk mendukung daya tahan tubuh Si kecil diantaranya:

Brokoli

Macam- macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang utama adalah brokoli. Banyak anak-anak yang tidak menyukai sayuran yang satu ini, padahal sebenarnya brokoli sangat bermanfaat bagi tubuh Si Kecil. faktanya, brokoli memiliki sejumlah vitamin dan mineral yang berguna meningkatkan imun tubuh. Sayuran ini dilengkapi vitamin A, C, dan E, juga serat dan antioksidan di dalamnya. Zat- zat ini berperan aktif dalam menjaga kekebalan tubuh dan memerangi radikal bebas, membuat tubuh jadi tidak mudah sakit. Sebaiknya brokoli dihidangkan dengan cara direbus. Cara ini merupakan cara terbaik menjaga manfaat zat dan vitamin yang terdapat dalam brokoli.

Ikan 

Ikan mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat berguna untuk meningkatkan aktivitas sel-sel tubuh, seperti sayuran, banyak ikan yang direkomendasikan untuk diberikan, namun ikan yang termasuk menjadi sorotan adalah salmon dan tuna.

Kedua jenis ikan tersebut kaya akan Omega-3 untuk kecerdasan otak anak. selain itu kandungan Omega-3 bisa mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari pilek dan infeksi pernapasan. Pada penelitian terbaru menyebutkan bahwa asam lemak ini dapat meningkatkan sistem kekebalan dengan meningkatkan fungsi sel- sel kekebalan tubuh.

Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik yang membantu melawan perkembangbiakan bakteri jahat di perut. Inilah yang membuat makanan fermentasi ini di rekomendasikan untuk diberikan.bila anak sudah terbiasa mengkonsumsinya, cobalah memberikan yogurt dengan gula yang lebih sedikit.

Makanan laut, daging merah, ayam

Makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah asupan berbasis protein. Melansir Cleveland Clinic, makanan berprotein tinggi seperti makanan laut, daging merah, dan ayam banyak mengandung zinc. Seperti yang telah diketahui zinc adalah mineral penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis makanan bernutrisi tinggi yag dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. sayur- sayuran memang dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang paling menyehatkan bagi tubuh. Selain brokoli, bayam juga termasuk sayuran yang mendukung pembentukan imun tubuh. Sayur bayam dapat meningkatkan sistem imun karena kaya akan nutrisi, seperti flavonoid, karotenoid, vitamin C, dan vitamin E. zat-zat tersebut dapat mendukung kerja sistem imun dalam tubuh.

Buah jeruk

Vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Hamper semua jenis buah jeruk, mulai dari jeruk nipis hingga jeruk bali, mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk sistem imun tubuh.

Kacang- kacangan

Kacang banyak mengandung protein, mineral, vitamin dan kaya akan antioksidan seperti asam lemak Omega, seng, dan vitamin E. Mengkonsumsinya tentu bisa membuat imunitas anak meningkat karena berbagai kandungan tersebut. Ibu bisa memberikan banyak varian agar Si kecil tidak bosan mulai dari almond, kenari, kismis, kurma, dan lain sebagainya.

Semua makanan tersebut merupakan makanan bernutrisi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh SI kecil untuk imunitas tubuhnya. Agar Si Kecil tidak mudah terserang penyakit di berbagai kondisi.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.