8 Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Informatika



Jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan di Fakultas Teknik yang banyak diminati. salah satu faktornya yaitu prospek kerja Teknik Informatika yang luas. Selain itu, jurusan memiliki banyak keuntungan untuk dipilih. Banyak perguruan tinggi yang telah memiliki prodi ini. Salah satunya yaitu STMIK IDS Digital College yang telah concern di bidangnya. 

Nah untuk itu, yuk simak beberapa keuntungan yang bisa didapat jika Anda memilih jurusan Teknik Informatika berikut.



  1. Peka terhadap  perkembangan teknologi

Sudah bukan mustahil lagi keuntungan satu ini akan dimiliki mahasiswa TI. Sebagai mahasiswa TI, Anda akan menjadi lebih peka dan perhatian terhadap perkembangan teknologi yang terupdate. Anda akan mengetahui perkembangan perangkat informatika yang saat ini sedang booming. Tidak hanya itu, Anda akan mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut untuk sebuah inovasi.

  1. Menciptakan dan mengembangkan perangkat Software dengan mudah

Merupakan hal yang patut dibanggakan apabila Anda mampu menciptakan sebuah perangkat lunak. Memang pada saat mempelajari bidang ini Anda akan dituntut untuk mampu menciptakan Software sendiri. Selain itu, perkembangan dari masa ke masa mengenai dunia digital akan sangat pesat. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa TI, Anda akan dituntut untuk dapat mengembangkan Software agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

  1. Mampu memahami informasi pada Hardware

Selain memahami perangkat lunak, mahasiswa TI tentu juga memahami perangkat kerasnya. Pada bidang ini, anda akan memiliki skill merakit komputer. Segala proses yang terdapat pada komputer akan Anda ketahui. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan sebuah sistem komputer terbaru yang berguna bagi perkembangan zaman.

  1. Prospek kerja yang bagus

Di zaman yang semakin canggih ini, lulusan Teknik Informatika akan banyak dicari oleh sejumlah perusahaan. Alasannya yaitu pada zaman yang semakin modern ini semua pekerjaan akan diatasi dengan komputer atau robot. Maka sebagai ahli bidang komputerisasi, lulusan TI akan banyak dicari. Oleh karena itu, prospek kerja Teknik Informatika sangat luas. 

  1. Memperbaiki perangkat yang rusak secara mandiri

Komputer, PC, maupun smartphone akan sering digunakan pada saat ini. keuntungan yang Anda miliki jika memilih bidang ini ialah ketika gawai yang Anda miliki mengalami kerusakan, Anda akan mampu memperbaikinya sendiri. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan jasa tukang servis dan mengeluarkan biaya tambahan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk penghematan biaya.

  1. Memahami proses yang terjadi pada komputer

Perangkat komputer merupakan sesuatu yang rumit untuk dipahami, mengingat prosesnya dalam mengelola informasi begitu ribet. Nah, hal ini akan mudah dimengerti oleh Anda mahasiswa Teknik Informatika. Yang memang selama ini sudah bergelut dalam bidang komputerisasi. Jadi, tidak heran lagi kalau mereka sangat peka terhadap proses hingga gangguan yang terjadi pada sebuah perangkat komputer. 

  1. Dapat mengembangkan suatu sistem

Tidak heran lagi bahwa dalam hal mampu mengembangkan sistem merupakan keahlian yang dimiliki mahasiswa Teknik Informatika. Dalam mengembangkan sebuah sistem tersebut, Anda akan memerlukan perangkat lunak dan perangkat keras sebagai bagian dari projek tersebut. 

  1. Mampu membuka lapangan kerja sendiri

Sebagai lulusan TI, Anda akan dapat membuka bisnis sendiri seperti jasa servis komputer, toko perangkat komputer, dan jenis jasa lainnya yang berhubungan dengan bidang tersebut. maka, Anda akan menjadi seorang pebisnis dan juga profesional dalam bidang teknik informatika. 

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa kita ambil manfaatnya ketika memilih jurusan TI. Semoga membantu!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.