Hal Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memilih Sekolah Animasi

sekolah animasi

Setelah lulus sekolah menengah atas, ada hal penting yang harus Anda lakukan yaitu memilih jurusan kuliah. Bagi kebanyakan orang, memilih jurusan kuliah merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan karena jurusan inilah yang nantinya akan memengaruhi masa depan. Jika memiliki passion dalam menggambar dan suka menonton film animasi garapan Pixar, sekolah animasi mungkin bisa menjadi pilihan.

Apalagi kini industri animasi semakin berkembang dengan munculnya film animasi di platform Youtube yang memiliki banyak penggemar. Dengan berkembangnya industri animasi maka peluang menjadi animator juga semakin menjanjikan. Namun sebelum memilih untuk menempuh pendidikan di bidang animasi, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai jurusan ini terlebih dahulu.

sekolah animasi

Mata Kuliah yang Akan Didapatkan

Animasi sang erat kaitannya dengan gambar jadi banyak mata kuliah yang akan berhubungan dengan gambar. Penulisan Cerita akan menjadi mata kuliah yang membantu mahasiswa merancang cerita secara detail untuk animasi yang dibuat. 

Sedangkan karakter unik dalam animasi akan didapatkan pada mata kuliah Character Design. Anda nantinya juga bisa belajar mengenai animasi 2D dan animasi 3D yang masih digunakan saat ini. Satu lagi mata kuliah yang pasti ada yaitu hitung-hitungan atau ilmu matematika. 

Menggambar Menggunakan Banyak Platform

Beberapa orang yang hobi menggambar terkadang hanya suka jika melakukannya di atas kertas saja. Jika Anda termasuk di antaranya, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk masuk sekolah animasi. 

Pasalnya tidak hanya menggambar pada kertas saja, Anda juga diharuskan untuk bisa menggambar menggunakan berbagai tools dan platform. Beberapa platform atau software yang sering digunakan yaitu Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Visual Efek, Autodesk, dan lain sebagainya. Jadi Anda harus familiar dengan pen tablet pada media gambar.

Berkiblat Pada Disney Style

Animasi yang ada di dunia ternyata memiliki karakter yang berbeda-beda. Saat ini ada empat style yang menjadi kiblat para animator yaitu animasi dari Marvel, Disney, Anime Jepang, dan Eropa. 

Karena animasi Indonesia belum memiliki karakter sendiri, jadi Anda akan belajar animasi sesuai salah satu dari keempat style tersebut. 

Mungkin kebanyakan dari Anda suka dengan style anime Jepang, namun ternyata style yang digunakan Indonesia berkiblat pada Disney. Jadi yang nantinya akan dipelajari adalah membuat animasi dengan style Disney.

Prospek Karir

Lulusan animasi tentu saja bisa berkarir sebagai animator atau pembuat animasi di sebuah rumah produksi. Namun perkembangan digital yang ada membuat lingkup kerjanya menjadi luas sehingga peluangnya juga menjanjikan. Beberapa peluang kerja yang bisa dimasuki yaitu desainer visual efek, illustrator, editor, perancang game, storyboard artist, dan masih banyak yang lainnya.

Pilihan Institusi Pendidikan

Belum banyak perguruan tinggi yang memiliki program atau jurusan animasi sendiri. Biasanya jurusan ini masuk ke dalam jurusan Desain Komunikasi Visual. Meskipun belum banyak, bukan berarti tidak ada pilihan. Salah satu institusi yang menyediakan program animasi secara terpisah adalah IDS atau International Design School.

IDS sendiri merupakan sebuah institusi pendidikan dengan bidang ilmu komunikasi visual seperti desain grafis, film, dan animasi. Selain itu, institusi ini juga memiliki bidang lain yaitu teknologi dan digital seperti digital marketing dan UI/UX.

Ada banyak kelebihan dari IDS yang membuat Anda harus memilihnya. Kelebihan pertama yaitu tim pengajar yang dimiliki merupakan praktisi di industri kreatif sehingga memiliki pengalaman langsung di dunia animasi. Selain itu, materi yang diajarkan juga aplikatif dan sesuai perkembangan dunia animasi. Apakah Anda tertarik? Kunjungi website idseducation.com untuk informasi lebih lengkapnya. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.