Cara Mudah Merawat dan Menyimpan Cincin Emas

Emas memanglah tidak sulit untuk dibersihkan. Tetapi metode pembersihan yang tepat yang Anda pilih harus bergantung pada apakah cincin emas Anda memiliki batu permata atau tidak. Berikut beberapa tip untuk membantu Anda membersihkan dan merawat cincin berbahan emas milik Anda.

Membersihkan Cincin Emas Biasa

Cincin emas tanpa batu permata dapat dibersihkan secara efektif hanya dengan air dan sabun. Dan berikut ini adalah caranya:

  • Isi mangkuk kecil dengan air hangat, dan tambahkan sedikit sabun cuci piring untuk membuat larutan pembersih sederhana.
  • Rendam cincin emas Anda di dalam larutan, dan biarkan untuk berada di dalamnya selama sekitar 20 hingga 30 menit. Gunakanlah sikat yang lembut atau kain lembut untuk membersihkan kotoran dari perhiasan Anda.
  • Bilaslah sisa sabun yang tersisa dari cincin emas Anda dengan air.
  • Keringkan perhiasan Anda dengan handuk bersih. Karena beberapa bagian yang sulit dijangkau mungkin tidak bisa dikeringkan, biarkan bagian-bagian itu benar-benar kering sebelum Anda memakainya kembali.

Anda juga dapat menggunakan amonia untuk membersihkan cincin emas polos Anda. Caranya yang pertama adalah dengan merendam cincin emas tersebut selama sekitar satu menit dalam larutan 1 bagian amonia dan 6 bagian air. Kemudian Anda cuci lagi cincin tersebut hingga sebersih mungkin dengan air bersih sebelum Anda mengeringkannya dengan menggunakan kain lembut. Namun, jangan gunakan metode ini terlalu sering karena dapat mengubah warna perhiasan Anda.

Membersihkan Cincin Emas yang Memiliki Batu Permata

Jika cincin Anda memiliki batu permata, tidak disarankan untuk merendamnya di dalam air. Meski beberapa batu sangat kuat dan tahan lama seperti berlian yang juga tidak mudah rusak, ada banyak permata yang tidak boleh direndam dalam air dalam waktu lama (misalnya zamrud atau onyx). Ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan cincin emas dengan batu permata:

  • Siapkan larutan air hangat dan sabun cuci piring yang lembut.
  • Ambil kain lembut, celupkan ke dalam larutan untuk melembabkannya, lalu bersihkan batu permata dan bagian logam cincin Anda. Perlakukan dengan lembut saat Anda menggosok batu agar tidak merusaknya.
  • Setelah perhiasan Anda dibersihkan, bersihkan sisa sabun dari cincin Anda dengan kain lembut yang hanya dibasahi air.
  • Bersihkan bagian yang sudah bersih hingga kering, lalu biarkan hingga benar-benar kering.

Mengenakan Cincin Emas Anda dengan Aman

Jangan memakai cincin berbahan emas Anda di kamar mandi. Selain itu, lepaskan saat berenang. Klorin dalam keran dan air kolam dapat mengubah warna emas dan merusak bagian cincin Anda. Jangan melakukan pekerjaan rumah dengan cincin emas Anda karena pemutih dan bahan kimia lain yang digunakan dalam pembersih rumah tangga dapat merusak perhiasan Anda.

Perlu diingat bahwa emas adalah logam yang lunak dan mudah tergores. Itulah mengapa Anda tidak boleh mengenakan cincin berbahan emas selama aktivitas apa pun yang dapat membuatnya berisiko terkena pukulan atau pukulan.

Menyimpan Cincin Emas

Simpan cincin berbahan emas Anda secara terpisah dari perhiasan lain karena kebanyakan logam lain dapat menggores emas dengan mudah. Sebaiknya simpan cincin berbahan emas Anda di kantong kecil atau di kotak perhiasan yang terpisah. Dan untuk mendapatkan cincin emas terbaik dan memiliki kualitas terjamin, Anda bisa membelinya di Mondial Jeweller. Mondial Jeweller adalah penyedia koleksi perhiasan premium dengan ciri khas tersendiri sejak 1979.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.