Yuk Ketahui Macam Macam Cyber Crime, Waspadalah

cyber security indonesia

Baru-baru ini marak beredar berita tentang kejahatan dalam dunia maya jenis cyber crime. Cyber crime sendiri adalah salah satu contoh kejahatan yang menyerang cyber atau sistem komputer di Indonesia. Oleh sebab itu cyber security Indonesia sendiri sangat diupayakan untuk mengamankan system komputer. Kejahatan dalam dunia maya semacam ini merajalela berjalan dengan perkembangan sistem IT, informasi, dan komunikasi di berbagai Negara khususnya di Indonesia. 

Anda patut berhati-hati dengan berbagai kejahatan yang menyerang dunia maya. Cyber security Indonesia sudah berusaha mengamankan berbagai informasi terkait sistem komputer di Indonesia. Setidaknya anda juga harus belajar dan mengenal berbagai jenis kejahatan dalam dunia maya, khususnya macam cyber crime. Nah, berikut ini adalah ulasan singkat jenis-jenis kejahatan cyber crime yang perlu anda ketahui dan bisa Anda dalami dengan mengambil kuliah di IDS Digital Collage. 

Mencuri Data Dari Pihak Lain 

cyber security indonesia

Kejahatan semacam ini biasa dilakukan untuk mencuri data dari perusahaan dan lembaga terkait. Data yang dicuri adalah data tentang perniagaan. Misalnya tentang perdagangan, penjualan, dan bersangkut paut dengan hubungan industri perusahaan. Ingat ya! Yang namanya kejahatan itu bersifat illegal. Sebab merugikan salah satu pihak. Tentunya, dengan mencuri data pada sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut akan mengalami kerugian bahkan gulung tikar. 

Cyber Terorism 

Tindak kejahatan cyber crime yang meresahkan berbagai negara di dunia juga termasuk Indonesia, adalah jenis cyber terorism. Kejahatan yang membahayakan nyawa dan keselamatan warga di berbagai negara ini, juga mengancam pemangku kepentingan yang mengatur system pemerintahan. 

Hacking 

Hacking adalah tindak kejahatan dari jenis cyber crime selanjutnya. Orang yang melakukan hacking ini disebut dengan hacker. Hacker adalah seorang pemrogram teknologi yang memiliki profesionalitas tinggi. Hacking dilakukan dengan cara mencari ruang untuk mencari titik lemah dari sistem keamanan. Hacker sendiri terdiri dari 2 jenis. 

Yaitu bekerja secara positif dan secara negatif. Hacker yang bekerja secara positif, dia akan melakukan hacking untuk mencari seorang penjahat atau buronan yang sulit terdeteksi keberadaannya. Hacker semacam itu, biasanya bekerja sama dengan pihak-pihak berwenang yang menangani hal semacam itu. Sedangkan hacker yang negative, tentunya menggunakan hacking untuk hal yang buruk dan merugikan pihak lain.

Carding 

Kejahatan dari cyber crime selanjutnya adalah carding. Istilah carding dipergunakan dalam penyebutan salah guna credit card yang dimiliki oleh orang lain.  tindak kejahatan ini biasanya dilakukan oleh carder untuk pembelian suatu barang secara online dengan menggunakan akses credit card miliki orang lain. 

Penyebaran Konten Ilegal 

Jenis cyber crime yang satu ini banyak ditemukan tindak kejahatannya dan menjadi pusat perhatian. Karena banyak tokoh ternama yang terlibat dalam kejahatan semacam ini. Misalnya adalah kasus narkoba, konten porno, jual beli senjata api dan yang lain. 

Defacing 

Defacing bisa disebut dengan kejahatan dari jenis cyber crime yang tergolong kejahatan ringan. Karena tindak kejahatan ini hanya tersasar pada situs web sebuah lembaga. Misalnya lembaga pemerintahan, universitas, dan juga sekolah. Pelaku kejahatan ini disebut dengan deface. 

Cybersquatting 

Jenis kejahatan ini memang belum begitu booming di Indonesia sendiri, sebab cybersquatting juga memerlukan modal untuk melakukannya. Tidak hanya modal, bahkan harus begitu teliti dalam melakukan tindak kejahatan ini. Tindakan ini adalah tindakan yang menyerobot nama domain. Dengan membutuhkan modal, ketika kejahatan ini berhasil dimainkan maka hasil uang yang didapat juga tak ternilai jumlahnya. 

Dengan menyimak penjelasan di atas, semoga memberi manfaat pada anda agar lebih hati-hati dalam menggunakan hal-hal yang berkaitan dengan sistem komputer. Karena banyak pihak yang tak bertanggung jawab menyalahgunakannya. Dan jangan lupa ketika Anda ingin berkarir di bidang TIK khususnya tentang Cyber Security Indonesia, Anda bisa menempuhnya di IDS Digital Collage.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.