Mengenal Fungsi Berlian Sertifikat Sebelum Membeli

Berlian merupakan perhiasan terbaik dan bernilai tinggi. Maka dari itu, sebelum membelinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah berlian sertifikat. Sertifikat memiliki banyak sekali keunggulan dan juga informasi yang penting terkait produk berlian itu sendiri.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa fungsi dan juga manfaat dari sertifikat berlian, di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda. Jadi, simak artikel ini hingga selesai, ya sebelum membelinya.

Fungsi Sertifikat Pada Berlian


Sertifikat khusus berlian dikenal dengan istilah GIA. Fungsinya pun sangat penting sekali bagi para konsumen maupun penjual. Nah, berikut akan kami jelaskan apa saja fungsi-fungsi dari sertifikat ini.

1.  Memuat Informasi Keaslian Berlian

Di dalam sertifikat juga terdapat informasi keaslian berlian. Artinya, berlian bersertifikat sudah terjamin keasliannya. Jadi, konsumen tidak perlu lagi meragukannya kembali. Bagi penjual, juga sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk yang dijualnya.

2.  Sebagai Akte Kelahiran Berlian

Informasi lain yang terdapat di dalam berlian yaitu tanggal berlian tersebut dibuat atau diproduksi. Jadi, konsumen dapat mengetahui seberapa lama berlian tersebut dari sertifikat tersebut.

3.  Diagram

Sertifikat juga menjadi salah satu informasi penting seputar analisa bentuk dan sidik jari dari berlian. Diagram adalah informasi identifikasi tanda-tanda cacat yang ditemukan pada jenis berlian. Jadi, kita bisa menilai kualitas berlian melalui diagram pada sertifikat.

4.  Menunjukkan Kelas dan Atribut

Isi dari sertifikat juga meliputi klasifikasi atau kelas dan atribut. Yang dimaksud dengan kelas yaitu menampilkan berat karat dan berat batu yang diukur hingga seratus karat. Selain itu, juga menunjukan kelas berlian dari warnanya dengan nilai D hingga Z.

5.  Memuat Informasi Jenis, Nomor dan Ukuran Berlian

Selain itu, ada juga informasi lengkap seputar jenis, ukuran, dan nomor berlian. Ketiga faktor ini sangat penting sebagai penilaian bagus atau tidaknya perhiasan yang akan dibeli. Nilai ini, bisa juga Anda lihat dan diverifikasi melalui situs lab gemology.

Tips Membeli Berlian

Ada hal lain yang juga tak kalah penting sebelum Anda membeli berlian. Berikut akan kami jelaskan tips apa saja yang harus Anda perhatikan selain sertifikat:

1.  Material Perhiasan

Umumnya ada 3 jenis material yang digunakan dalam perhiasan berlian. Ke-3 jenis berlian tersebut yaitu emas kuning, emas putih, dan platinum. Silahkan Anda pilih sendiri sesuai dengan karakter.

2.  Ukuran

Sama halnya dengan membeli pakaian, membeli perhiasan berlian juga harus memperhatikan ukurannya. Tujuannya yaitu agar nyaman ketika digunakan. Silahkan Anda coba terlebih dahulu beberapa saat. Jika nyaman, silahkan langsung pilih perhiasan tersebut. Jika belum nyaman, silahkan cari yang lain.

3.  Perhatikan Carat

Perlu Anda ketahui, istilah carat di berlian berbeda dengan istilah carat pada emas. Di berlian, carat adalah satuannya. 1 carat pada berlian setara dengan 0,2 gram atau 200 mg. Jadi, semakin tinggi carat berlian, tidak menentukan kualitasnya, namun menentukan beratnya.

4.  Warna Berlian

Perhatikan juga warna dari berlian. Umumnya ada dua jenis kategori warna yang paling menarik. Pertama jenis warna bening putih dan kedua jenis fancy diamond. Warna bening putih, adalah warna yang paling umum. Sedangkan fancy adalah warna-warna berkelas seperti kuning, pink, dan lainnya.

Namun, ada warna kuning kecoklatan namun bukan jenis fancy. Jenis kuning ini yaitu warna berkualitas rendah pada berlian.

Itulah informasi seputar berlian sertifikat yang penting untuk diperhatikan. Sertifikat ini memiliki banyak sekali fungsi yang memberikan informasi jelas dan lengkap terkait berlian. Anda ingin membeli berlian bersertifikat? Bisa langsung di Mondial Jeweler.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.