Hindari Ini Agar Kreatifitas Anak Berkembang Pesat

Kreativitas anak

Memiliki anak cerdas dan kreatif adalah kebahagian tersendiri bagi orang tua. Kreativitas anak dapat berkembang seiring dengan usia dan pengalaman yang ia alami. Sehingga pastikan buah hati Anda memperoleh berbagai pengalaman dalam hidupnya.

Namun tahukah Anda jika kretaivitas anak dapat melambat atau bahkan berhenti. Dan tanpa sadar kita turut ambil perang dengan melakukan beberapa hal berikut ini. 

Jangan menyalahkan 

Salah stu hal yang kerap menghambat kreativitas anak adalah ketika kita menyalahkannya tanpa memberikan penjelasan yang dapat diterima anak. Sebisa mungkin hindari kata “salah”, namu gunakanlah kata “sebaiknya”. Jika memang terpaksa menggunakan kaa salah pastikan disertai dengan penjelasan sehingga anak faham akan kata salah yang kita ucapkan.

Kreativitas anak

Jangan menghina 

Hal lain yang tanpa sadar sering kita lakukan adalah mengomntari segala sesuatu yang di lakukan anak karena kurang sempurna. Padahal anak masih dalam masa belajar maka sangatlah wajar jika apa yang dilakukannya masih belum sempurna. Akan jauh lebih baik jika Anda menghargai apa yang dilakukannya agar kreativitasnya tidak berhenti sampai disitu.

Jangan mengekang

Hal lain yang kerap dilakukan oleh orang tua adalah mengekang aktivitas anak. Kata yang umum diucapakan adalah “jangan”. Misalkan jangan main tanah, jangan main pasir jangan jajan es, dan sebagainya. Alangkah lebih baik jika Anda melakukan kesepakatan dengan anak, misalkan boleh main pasir asal tidak memengan daerah muka dan segera cuci tangan setelas selesai.

Jangan dipaksa

Setiap akan memiliki minat dan bakatnya sendiri. Jika ia melakukan apa yang menjadi minatnya maka ia akan senang dan krativitasnya akan berkembang. Namun sebaliknya jika ia melakukan apa yang tidak dia sukai, apalagi berdasarkan paksaan maka ia tidak akan senang dan kreativitasnyapu tidak akan muncul.

 Melarang main

Sebagian orang tua tidak menyukai anaknya bermain, terutama bermain di luar ruangan dengan bebagai alasan namun yang utama bisanya kesehatan. Naamun tahukah bunda jika dalam proses bermain anak dapat melatih kreativitasnya dengan pesar. Dalam bermain anak belajar berkomunikasi, bernegosiasi, menghadapi masalah dan lainnya.

Agar kreativitas anak meningkat dengan baik, alangkah baiknya didukung dengan pemberian nutrisi yang baik. Seperti susu Dancow yang diformulasikan dengan gizi seimbang dengan nutrisi lengkap.  

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.