Pentingnya Memilih Warna Sayuran yang Segar

Warna Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang wajib dikonsumsi oleh setiap orang. Ada banyak jenis sayuran yang bisa kita konsumsi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, tahukah Anda, bahwa sebenarnya warna sayuran juga berpengaruh terhadap kualitasnya? Nah, di sini, kami akan menjelaskan kepada Anda betapa pentingnya mengonsumsi sayuran dan memilihnya.

Sayuran warna-warni, bahkan sangat bagus sekali untuk si kecil. Bagi setiap orangtua, wajib sekali untuk memilih jenis sayuran yang cocok bagi si kecil. Nah, berikut kami jelaskan apa saja manfaat sayuran dalam berbagai varian warna untuk anak-anak.


source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2019-07/2.PNG

1.  Sayuran Warna Hijau

Sayuran hijau adalah salah satu varian yang paling populer. Berbagai jenis sayuran yang berwarna hijau, kaya akan kandungan kalsium dan zat besi.

Kandungan tersebut, sangat bagus sekali untuk melindungi ketajaman penglihatan si kecil dan tulang gigi mereka. Selain itu, bagus juga untuk pembentukan sel-sel darah merah.

2.  Sayuran Warna Kuning Jingga dan Merah

Ada cukup banyak jenis sayuran yang masuk ke dalam kategori makanan di atas. Beberapa di antaranya seperti paprika, paprika jingga, labu, wortel, tomat, dan ubi jalar. Warnanya menandakan bahwa sayuran tersebut memiliki kandungan likopen, beta kriptoxantin, dan betakaroten.

Kandungan tersebut bagus untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi, meningkatkan imunitas, dan bagus untuk kesehatan retina.

3.  Sayuran Warna Biru dan Ungu

Semua jenis sayuran yang berwarna gelap, seperti ungu dan biru, memiliki kandungan pigmen protein alami. Untuk sayuran berwarna biru dinamakan fikosianin, sedangkan ungu dan merah disebut antosianin.

Di dalam sayuran tersebut, juga memiliki kandungan zat besi yang sangat bagus sekali untuk membentuk sel darah merah, kesehatan otak, kemampuan berpikir si kecil, dan menjaga kesehatan mata.

4.  Sayuran Berwarna Putih

Berbagai jenis sayuran yang memiliki warna putih sangat bagus sekali untuk melancarkan BAB dan mencegah sembelit. Karena sayuran ini memiliki kandungan serat dan kalsium yang tergolong tinggi sekali. Beberapa contoh jenis sayuran putih seperti kembang kol, sawi putih, tauge, dan rebung.

Nah, itulah berbagai jenis warna sayuran dan manfaatnya. Selain untuk orang dewasa, sangat bagus juga untuk dikonsumsi oleh si kecil karena kandungannya yang bagus untuk kesehatan.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.