Ini Dia Fungsi Stempel yang Jarang Orang Ketahui

stempel

Semakin berkembangnya zaman maka semakin maju pula pola pikir manusia sehingga akhirnya banyak yang melakukan inovasi sana-sini dan disinilah kita sekarang, di era informasi dan kemajuan teknologi yang setiap hari selalu ada saja berbagai penemuan yang dilakukan manusia. Dalam hal ini terdapat salah satu bagian kecil penemuan manusia, tapi dapat dikatakan memiliki peran yang cukup penting pula: Stempel.

Barang yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting dan juga memiliki kekuatan hukum. Maka dari itu, tidak semua orang boleh menggunakan stempel. Biasanya dalam suatu perusahaan atau suatu lembaga, barang ini hanya boleh dipegang oleh beberapa orang tertentu dan juga yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan yang mengikat.

Dalam pengesahan suatu dokumen penting, stempel biasanya disertai dengan tanda tangan pihak yang berkuasa, seperti dalam hal ini adalah pimpinan dalam suatu perusahaan atau lembaga. Selain itu barang ini juga tidak bisa digunakan sembarang waktu. Lalu, barang ini juga tidak bisa berdiri sendiri. Bahkan ini pun diatur dalam Anggaran Dasar (AD) atau Anggaran Rumah Tangga (ART) dalam perusahaan atau lembaga tersebut.



Kemudian berikut ini merupakan kegunaan stempel yang perlu kamu ketahui agar dapat kamu pahami dan berhati-hati dalam penggunaannya.

Tanda Pengesahan


Fungsi yang pertama dan biasa kamu ketahui adalah untuk mengesahkan suatu dokumen penting yang dikeluarkan oleh perusahaan atau suatu lembaga. Hal ini dilakukan untuk melakukan pengesahan baik saat menyelesaikan transaksi penjualan ataupun kontrak perjanjian. Selain itu, stempel juga menjadi pelengkap untuk pengesahan setelah pimpinan suatu perusahaan atau lembaga menandatanganinya.

Maka dari itu dapat dikatakan bahwa keberadaan barang satu ini memiliki kekuatan hukum secara formal dan juga perlu diingat bahwa stempel ini tidak mewakili pribadi seseorang melainkan suatu kelompok. Meskipun begitu, orang yang menandatangani dokumen tersebut tetaplah menjadi orang yang bertanggungjawab.

Memperkuat Keputusan


Pada umumnya suatu perusahaan atau lembaga secara berkala akan mengadakan rapat dan pada kesempatan itulah yang akan menghasilkan berbagai keputusan penting yang nantinya akan menjadi pendukung kepentingan dalam perusahaan atau lembaga. Kemudian, segala keputusan tersebut akan terangkum dalam surat keputusan perusahaan.

Pada surat keputusan itulah yang akan dibubuhkan tanda tangan pimpinan beserta stempel perusahaan atau lembaga dengan tujuan agar memperkuat keputusan tersebut sekaligus menjadi bukti rapat. Dengan begitu surat keputusan tersebut juga menjadi surat yang sah.

Bentuk Pertanggungjawaban


Bagi orang yang membubuhkan tanda tangan dan stempel pada suatu surat atau dokumen penting lainnya tentu akan menjadi orang yang sangat bertanggungjawab terhadap dokumen tersebut. Terutama apabila dokumen tersebut terkait dengan sesuatu hal atau pihak dari luar perusahaan. Untuk menghindari penyalahgunaan barang penting seperti ini, maka akan lebih baik jika disimpan di tempat yang paling aman.

Membangun Branding


Mungkin beberapa fungsi di atas pernah kamu dengar atau pernah kamu ketahui sebelumnya. Namun, sebenarnya stempel tidak hanya memiliki fungsi normal seperti beberapa hal diatas melainkan dapat juga menjadi sesuatu yang dapat membangun branding suatu perusahaan.

Dengan memberikan cap stempel pada dokumen resmi atau tidak, maka secara tidak langsung hal ini sudah menjadi sesuatu yang dapat memperkenalkan suatu perusahaan atau lembaga kepada pihak lain. Maka dari itulah mengapa desain stempel sangatlah penting agar sesuai dengan visi misi perusahaan. Apabila melalui barang ini sudah sesuai dengan perusahaan, tentu setelah itu tidak akan sulit untuk membangun kesan yang optimal sehingga perusahaan atau lembaga akan dikenal dengan baik oleh pihak lainnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.