4 Hal yang Membedakan Harga Wedding Ring Terpercaya

wedding ring terpercaya
Perhiasan seperti emas memang membuat penampilan cantik dan elegan, namun siapa sangka penunjang kecantikan wanita ini juga bagus untuk investasi masa depan. Jangan asal beli karena tentunya ada hal-hal khusus yang perlu Anda ketahui sebelum mengoleksinya. Yuk, simak ulasan tentang hal-hal yang membedakan harga emas, misalnya wedding ring terpercaya Anda.

Hal yang Membedakan Harga Emas


Berhati-hati dalam membeli perhiasan berlian sudah menjadi kewajiban para kolektor. Pasalnya, salah beli bisa menyebabkan emas untuk investasi tidak jadi menguntungkan. Sebelum membeli wedding ring terpercaya, Anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang membedakannya antara emas satu dengan yang lainnya. Kira-kira apa saja?

Ukuran Tingkat Kemurnian dan Beratnya


Anda tentu tahu jika perhiasan memiliki label seperti 10K, 14K, dan juga 18K untuk emas. K di label ini bukan berarti ribuan, melainkan berarti karat atau tingkat kemurnian suatu logam mulia berjenis emas. Sebagai perbandingan, emas murni memiliki nilai sebesar 24 karat alias 24K dengan kadar emas mencapai 99% hingga 99,99%.
wedding ring terpercaya
Nah, adapun untuk emas yang bernilai 10K hingga 18K, hal ini terjadi karena emas dicampur dengan logam lainnya. Emas murni memang bertekstur lunak sehingga campuran logam seperti timah, nikel, atau tembaga sangat diperlukan untuk memperkuat ketahanan emas itu sendiri.

Oleh karena itulah, muncul istilah emas 18K yakni emas dengan 18K emas dengan kadar 75% sedangkan emas 14K mempunyai kadar 58,3%. Adapun emas 12K berkadar 50% sedangkan emas 10K berkadar 41,7%. Kadar-kadar ini juga mempengaruhi berat emas yang diukur dalam satuan gram. Seperti yang kita tahu, emas tua 1 gramnya dihargai lebih dari 700 ribu rupiah.

Pokoknya, semakin tinggi nilai karat dari emas, maka akan semakin mahal pula harganya. Selain itu, semakin tinggi nilai karatnya, maka beratnya pun juga akan mengikuti sehingga harganya pun juga akan semakin mahal.

Variasi Warna


Emas bisa murni emas saja, namun lebih seringnya memiliki campuran bahan. Inilah yang menyebabkan emas memiliki beberapa warna karena campuran logamnya. Jika pada umumnya kita tahu emas kuning, maka variasi lainnya adalah emas putih, emas pink, hingga emas coklat, ungu, dan biru. Namun tentu, emas kuning dan emas putih yang paling banyak dipilih untuk bahan dasar cincin pernikahan.

Reputasi Toko Emas


Membeli emas di toko satu dengan yang lainnya tentu memiliki selisih harga. Bisa jadi, toko satu menjual emas dengan harga lebih mahal dari toko lainnya. Selain itu, jenis toko juga mempengaruhi harga, misalnya saja toko offline, toko online, juga pegadaian. Membeli emas di toko online pasti lebih mahal karena ada biaya admin, biaya kirim, dan lainnya. Namun, tentunya membeli emas di pegadaian lebih murah karena lelang.

Dimanapun membelinya, Anda harus selalu senantiasa waspada. Pasalnya, salah memilih bisa berbahaya. Anda bisa tertipu dan terjebak di toko yang tidak bereputasi. Maka dari itu, semakin tinggi reputasi tokonya, maka semakin terpercaya Anda untuk membeli emas disana. Tentu, harga yang mahal juga bisa mengikutinya.

Kebijakan Pengembalian dan Sertifikat Emas


Terakhir, ada kebijakan pengembalian dari toko yang juga mempengaruhi harga. Pasalnya selain menjual, toko juga harus menerima pembelian kembali emas. Untuk itu, kebijakan yang diperlakukan akan mempengaruhi harga yang diperdagangkan. Tentunya, transaksi ini bisa dilakukan jika ada sertifikat emas.

Demikian ulasan tentang 4 hal yang mempengaruhi harga emas, contohnya wedding ring terpercaya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.