5 Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula


Kartu Kredit yang sudah kita kenal dari awal adalah kartu yang berkaitan dengan utang piutang. Hal ini berarti bahwa Anda harus menggunakannya untuk berbagai keperluan yang sangat penting dan mendadak saja. Yang perlu diperhatikan lagi, setiap dalam penggunaanya Anda bisa menjamin bahwa akan bisa menggantinya. Dalam menggunakannya harus memiliki sikap yang kehati-hatian. 

Menjaganya dengan baik dan tidak menggunakannya pada saat berbelanja yang tidak begitu penting. Bagi Anda yang baru mengenal kartu ini haruslah mengetahui lebih dalam lagi tentangnya. Bagi pemula haruslah belajar tentang bagaimana cara penggunaannya dari awal agar tidak menimbulkan kesalahan yang fatal. Untuk bisa mengetahui jelasnya, maka Anda simak beberapa penjelsan berikut ini dengan seksama.

5 Langkah Dalam Menggunakan Kartu Kredit bagi Pemula
Bagi Anda pemula yang memiliki baru memiliki kartu ini, maka harus mempelajari beberapa langkah berikut ini. Karena akan sangat penting untuk memiliki komitmen yang kuat untuk menggunakan kartu tersebut dengan baik dan bijak. Maka kerjakan beberapa langkah di bawah ini dengan baik dan benar.

Pilih Kartu Kredit Yang Tepat
Terdapat berbagai jenis kartu kredit yang bisa Anda dijadikan pilihan. Karena di masing-masing kartu tersebut akan memberikan kemanfaatan yang berbeda-beda. Bahkan antara satu dengan yang lainnya akan memiliki perbedaan. Penggunaan jenis kartu kredit yang tepat akan membuat Anda memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kartu kredit tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan berbagai penawaran dari kartu yang Anda gunakan secara berturut-turut.

Tidak Perlu Banyak
Sebagai pengguna pemula maka ada baiknya Anda hanya menggunakan satu kartu saja. Tetapi jika Anda memang benar-benar dibutuhkan, maka bisa dengan jumlah kartu tidak lebih dari 2 saja. Jangan menggunakan kartu yang banyak dalam pemula. Karena itu hanya akan membuat Anda pusing dengan sejumlah tagihan dan tanggal pembayaran yang berbeda-beda waktunya.





Jaga Data Identitas Kartu
Sangatlah penting untuk bisa menjaga kerahasiaan data kartu Anda dari orang lain. Bahkan kepada saudara atau teman terdekat Anda sendiri. Kenapa begitu? Karena ini sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai tindak penyalahgunaan yang bisa merugikan banyak orang. Selain itu Anda harus menggunakannya di tempat dan pada saat yang tepat. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa berhemat dengan praktis dan tidak penyalahgunaan. Manfaatkan waktu hanya penawaran menarik yang memang benar-benar Anda butuhkan dan sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan sejumlah transaksi dengan pemikiranadanya diskon besar. Karena itu akan membuat Anda memiliki sejumlah utang di hari yang akan datang.

Teliti Saat Bertransaksi
Terdapat banyak kasus orang mengalami kerugian yang besar setelah melakukan transaksi belanja online. Ini terjadi akibat adanya transaksi yang dilakukannya pada toko online yang tidak dipercaya.Jika Anda benar-benar membutuhkan sesuatu yang harus dibeli secara online, berbelanjalah di toko online terpercaya. Dan juga aman untuk melakukan transaksi kredit dengan bebas dan teratur. Ini juga berlaku jika melakukan transaksi di toko yang memang didatangi secara langsung. Maka selalu perhatikan dengan baik ketika penjaga kasir memegang kartu Anda, danperhatikan saat kasir melakukan penggesekan pada mesin EDC. Jangan sampai kasir bisa menggesek kartu Anda dua kali, apalagi pada mesin EDC yang berbeda.

Hindari Tarik Tunai
Kartu kredit bukanlah seperti kartu debit yang selalu bisa Anda ambil uangnya seperti di ATM. Karena setiap penarikan tunai, akan dikenakan biaya penarikan yang jumlahnya rata-rata sebesar 4% atau minimal Rp50 ribu. Maka Anda haruslah perlu mempertimbangkan kembali keinginan Anda untuk melakukan penarikan dana secara tunai. Karena sejumlah dana yang Anda tarik dari kartu tersebut juga akan segera dikenakan bunga harian oleh pihak bank penerbit. Dalam transaksi tarik tunai, bunga yang dikenakan akan dihitung pada hari transaksi dilakukan. Sehingga Anda harus lebih menghemat dalam melakukan transaksi jika tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar tagihannya. Hal ini supaya Anda tidak teledor dalam menggunakan begitu saja. Hingga memiliki utang yang menumpuk tanpa ada pembayaran yang jelas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.