Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Pencegahannya

penyebab tekanan darah tinggi

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Penyakit ini kini banyak diderita oleh masyarakat di era yang modern ini. Kehidupan di era modern dengan banyak hal yang bisa dilakukan secara instant membuat banyak orang melakukan pola hidup yang tidak sehat sehingga penyakit ini pun mudah menjangkit. Tekanan darah tinggi, begitu nama lain dari penyakit ini umumnya menyerang pada orang dewasa. Penyebab hipertensi perlu diketahui dari sekarang. Dengan demikian, resiko terkena penyakit ini menjadi lebih berkurang. Nah, apa saja si hal-hal yang menyebabkan hipertensi dan bagaimana pencegahannya?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penyebab hipertensi yang utama adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Mereka yang terjangkit hipertensi biasanya adalah orang yang kurang menjaga kesehatan. Contohnya saja perokok dan orang yang jarang berolahraga. Orang yang memiliki kadar kolesterol tubuh yang tinggi karena sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga beresiko terkena hipertensi. Penyebab lain adalah karena konsumsi garam yang terlalu banyak dan memiliki gula darah yang tinggi. Hal-hal tersebut perlu dihindari agar terhindar dari resiko hipertensi.

Cara mencegah hipertensi bisa Anda lakukan dengan rutin berolahraga. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup lakukan lari pagi, senam, atau pun melakukan pekerjaan rumah tangga dengan rutin selama 30 menit dalam sehari sudah membuat badan menjadi sehat. Konsumsilah makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung viamin dan nutrisi. Hindari memberikan anak junk food dan makanan siap saji terlalu sering karena hal tersebut tidak sehat. Anda juga harus mengontrol konsumsi gula dan garam. Gunakan gula Tropicana yang rendah lemak dan sehat. Jangan tidur terlalu larut di tengah aktivitas yang padat agar tubuh dapat beristirahat dengan waktu yang cukup. Hindarkan pula diri Anda dari banyak pikiran dan masalah karena akan menimbulkan stress. Sharing kepada keluarga atau sahabat agar pikiran tidak selalu tegang. Lakukan pola hidup sehat agar hipertensi jauh-jauh dari kehidupan Anda.

Diberdayakan oleh Blogger.