Kenali Beberapa Fase Perkembangan Anak

Kenali Beberapa Fase Perkembangan Anak
Pada umumnya perkembangan seorang anak tidak selalu sama dengan pertumbuhan anak-anak yang lain. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor kesehatan, faktor keturunan, pemberian nutrisi, lingkungan sekitar dan sebagainya. Selain dari perkembangan secara fisik, ada hal lain yang akan terus berkembang seiring bertambahnya usia yakni perkembangan psikologis. 

Psikologis seorang anak akan terus berkembang serta dipengaruhi faktor lingkungan melalui interkasi sosial yang dilakukan anak selama berada pada sebuah lingkungan tertentu. Tahap perkembangan anak tersebut tentu saja akan terus berubah sampai menginjak usia remaja. Jika beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan seorang anak tersebut bersifat positif, maka tentu saja hal tersebut akan berbuah positif pada masa depan anak tersebut baik dalam hal pertumbuhan fisik maupun psikologisnya.

Dalam tahap perkembangan anak, ada beberapa fase dimana akan terlihat berbagai perubahan signifikan yang dialami oleh seorang anak. 

Fase bayi

Pada usia 0-1 tahun seorang bayi biasanya lebih banyak menghabiskan waktu untuk makan dan buang kotoran. Selain itu juga seorang bayi akan lebih sering tertidur, hal tersebut sudah merupakan hal biasa karena pada saat bayi tertidur disanalah proses pertumbuhan semua organ tubuh berlangsung. Pada tahap ini biasanya bayi sering melakukan aktivitas memasukan tangan atau benda yang dipegangnya ke dalam mulut.

Fase anak-anak

Pada fase antara 1-3 tahun biasanya seorang anak akan mulai belajar mengontrol anggota tubuhnya terutama yang berhubungan dengan masalah kebersihan. Pada usia ini biasanya seorang anak akan belajar untuk mengontrol beberapa aktivitasnya serta berusaha memahami apa yang dikatakan orang tuanya. Seorang anak yang sudah menginjak usia 3 tahun akan lebih suka bermain yang memerlukan pergerakan anggota tubuh. Selain itu biasanya si anak akan mulai belajar bicara serta mampu mengucapkan beberapa kata seperti mama, ayah, mimi dan sebagainya. Kemampuan untuk memahami jika diajak berbicara merupakan salah satu tahapan anak pada usia ini.

Beberapa tahap perkembangan anak diatas merupakan fase yang akan dilewati oleh semua anak sampai akhirnya menginjak dewasa.
Diberdayakan oleh Blogger.