3 Tips Merawat Wajah Berminyak


Memiliki wajah yang sehat dan segar merupakan dambaan setiap orang, karena dari wajahlah pertama kali timbul rasa percaya diri. Ketika anda hendak keluar rumah, mungkin anda akan bercermin terlebih dahulu, hal tersebut menunjukkan bahwa anda ragu terhadap kondisi wajah anda ketika akan pergi keluar rumah. Dan jika terjadi sesuatu misalnya wajah kusam ataupun ada yang berbeda, maka anda akan membatalkan untuk pergi dan mencoba memperbaikinya terlebih dahulu. Wajah memang bagian tubuh yang sangat peka serta memiliki jenis kulit yang tipis dan sangat sensitif. Kebanyakan orang di daerah tropis seperti di Indonesia memiliki jenis kulit wajah berminyak, sehingga tak heran jika komedo dan juga jerawat akan cepat muncul. Dengan kulit berminyak ini tentunya akan menjatuhkan rasa percaya diri, terutama setelah terkena dampaknya seperti kulit wajah banyak komedo ataupun jerawat yang pasti akan sangat mengganggu sekali. Karena itulah, tips merawat wajah berminyak mesti anda pahami untuk mencega terjadinya perubahan dan kerusakan pada wajah yang membuat anda kehilangan rasa percaya diri.


Memiliki wajah yang berminyak tentu ada dampak negatif dan juga positifnya. Dampak positifnya yaitu wajah anda tidak akan kering walaupun tidak memakai pelembab, dan banyak orang yang kulit wajahnya bersisik karena wajahnya kering. Sedangkan dampak negative dari wajah berminyak adalah mudahnya debu untuk menempel pada kulit dan menyumba pori-pori sehingga berkibat timbulnya jerawat. Begitu juga dengan minyak yang berlebih yang masuk ke dalam pori-pori dan ahirnya menjadi komedo. Secara sekilas, komedo memang tidak menggoda dan tidak terlelu terlihat sebagaimana jerawat, akan tetapi lama-kelamaan komedo justru sangat mengganggu dan akan terlihat dari jarak dekat. Karena itulah, kami akan berbagi tips merawat wajah berminyak yang bisa anda coba praktekan diantaranya yaitu :


  • Kenali jenis kulit wajah anda
Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum anda memberi tindakan pada wajah anda adalah dengan mengenali jenis kulit wajah terlebih dahulu. Beda jenis kulit wajah, maka beda juga cara penanganannya, karena itulah mengetahui jenis kulit wajah merupakan hal pertama dan terpenting untuk anda lakukan. Untuk mengetahui jenis kulit berminyak atau tidak, maka anda dapat melihatnya di siang hari, dimana wajah anda akan berminyak dan cepat kusam. Hal tersebut karena kulit berminyak sangat mudah terkena kotoran seperti debu ataupun asap.

  • Lakukan perawatan
Setelah anda mengetahui jenis kulit anda, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan perawatan. Perawatan kulit wajah yang berminyak adalah dengan menyaring produk harian yang biasa anda pakai supaya tidak ada produk yang dapat menutup pori-pori dan kulit sulit untuk bernafas. Anda bisa melakukan cuci muka dengan menggunakan sabun cuci muka yang aman dan sehat tanpa efek samping. Dengan membasuh wajah menggunakan sabun yang aman, maka kotoran di dalam pori-pori akan tercuci keluar dan wajah pun akan bersih.

  • Pola hidup sehat
Selain menjaga pola makan dengan makanan yang menyehatkan, anda juga mesti menjaga dan memperhatikan olahraga serta pola istirahat. Makanan yang cukup, olahraga yang teratur, serta istirahat yang cukup tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kesegaran wajah anda.

Itulah ketiga tips merawat wajah yang bisa anda lakukan dalam melakukan perawatan kulit wajah berminyak dan mendapatkan wajah yang segar dan sehat seperti yang anda inginkan, dengan begitu maka anda akan lebih percaya diri dan tak perlu ragu lagi untuk pergi ke luar rumah kapanpun.
Diberdayakan oleh Blogger.