Hal yang Harus Diperhatikan Menangani Anak Hiperaktif


Semua orang tua di dunia ini tentu saja menginginkan anak yang mereka miliki tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, patuh, mudah diatur, dan selalu mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang tuanya. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak semua anak bisa menjadi seperti apa yang orang tua inginkan. Pada beberapa kondisi terkadang anak membuat orang tua khawatir, salah satu kondisi anak yang mungkin akan membuat orang tua resah dan kebingungan adalah perilaku anak hiperaktif

Perilaku hiperaktif dalam bahasa psikologi disebut dengan perilaku Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD), dimana perilaku tersebut merupakan perilaku yang menunjukkan sikap tidak mau di atur dan tidak memperdulikan lingkungan sekitar.Saat menangani anak dalam posisi itu, ada beberapa hal yang setidaknya mesti diperhatikan orang tua.

Pertama, mengajari anak dengan beberapa aktivitas gerak dan menuntut keuletan seperti aktivitas olahraga, membuat beberapa produk kesenian, membuat kerajinan tangan, bermain musik, menari, dan aktivitas lainnya yang mampu merealisasikan tenaga gerak anak. Anak hiperaktif biasanya didorong oleh adanya energi yang besar bahkan cenderung berlebihan dalam dirinya. Sehingga, melatih anak ke dalam aktivitas-aktivitas yang bisa menyalurkan energi mereka seperti diatas bisa salah satu hal yang bisa dilakukan.

Kedua, mulailah mengajak anak keluar rumah untuk mengenal lingkungan mereka dan jangan sampai anda terlalu sering membiarkan anak sendirian. Perilaku hiperaktif pada anak terkadang muncul akibat lonjakan emosi yang sangat tinggi yang membuatnya egois. Sehingga untuk tak membiarkan hal tersebut semakin berlarut-larut sebaiknya anda tidak membiarkan anak sendirian dalam waktu yang lama, ajaklah keluar rumah untuk mengenal lingkungan dan orang disekitarnya. 

Ketiga, perhatikan kebutuhan gizi dan vitamin pada anak. Keseimbangan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan anak hiperaktif untuk proses pertumbuhan dan perkembangan terutama perkembangan otak arus tetap diperhatikan. Hal tersebut sekurang-kurangnya tetap bisa mengendalikan perkembangan otak anak dalam keadaan yang baik. Salah satu cara yang bisa dipilih ialah pemberian susu yang dapat menunjang perkembangan otak dan kecerdasan anak ialah susu Dancow.
Diberdayakan oleh Blogger.