Prinsip-Prinsip Penting K3


Gaya hidup sehat tak hanya berkaitan dengan seberapa bersih diri Anda atau seberapa sehat makanan yang dikonsumsi, namun kontribusi juga bisa dari tempat Anda bekerja. Pernahkah Anda mendengar mengenai seseorang yang meninggal karena kecelakaan kerja?, pastinya cukup sering bukan. Untuk itulah kemudian masing-masing instansi menerapkan adanya kesehatan dan keselamatan kerja K3. Apa sebenarnya ini dan manfaatnya. K3sendiri adalah sebuah program atau bisa dikatakan peringatan untuk membawa para pekerja menjadi nyaman tanpa harus takut mengalami kecelakaan dalam lingkungan tersebut, manfaat lain juga bisa dirasakan oleh orang yang tidak secara langsung terlibat di dalamnya.

Jika melihat saat ini hampir semua jenis pekerjaan memiliki resiko, bahkan yang hanya menghadap di depan komputer sekalipun. Keselamatan para pekerja K3 adalah tanggung jawab kita bersama, karena antara Anda yang melakukan dan instansi sama-sama bersangkutan. Simak prinsip yang harus diketahui dalam K3 ini :
  1. Mudah diterapkan, jangan hanya melihat pada diri sendiri namun lebih kepada orang lain yang menjalankannya, apakah mereka bisa menerima dengan tangan terbuka atau tidak, terkadang penerapan memang sangat.
  2. Sederhana namun mengena, tak perlu yang muluk-muluk, beberapa praktisi yang terjun di bidang ini terkadang mengusulkan K3 yang standarnya tinggi, padahal belum tentu semua orang mau mematuhinya, berbeda jika Anda menggunakan standard yang rendah namun bisa dilakukan oleh semua kalangan maka orang juga tak segan untuk mengikuti program tersebut.
  3. Dikenal banyak orang, saat Anda mulai membuat tata tertib atau simbol-simbol tertentu belum tentu semua mengeti maksudnya, jadi membuat sesuatu harus berdasarkan pemahaman setiap orang sehingga semua bisa mengenal apa maksud dan tujuannya.
  4. Bahan mudah di dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, misalkan saja helm dan tali yang digunakan oleh para pekerja bangunan atau mungkin masker dan sarung tangan bagi mereka yang bekerja dalam pabrik.

Prinsip penting yang wajib diketahui sebelum membuat aturan terkait keselamatan kerja K3, semua orang memiliki keinginan yang sama untuk berangkat dan pulang dengan selamat, hal ini juga menjadi tujuan pemberdayaan K3.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.