Jumat, 08 Mei 2015

Jenis Theodolite Berdasarkan Kontruksinya

Theodolite sebagai satu alat ukur yang dapat mengukur besarnya suatu sudut dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi menjadikan alat ini memang memiliki nilai manfaat yang besar bagi kehidupan kita. Ketepatan membaca sudut atau tinggi yang dapat dipetakan oleh alat ukur optik tersebut tentu akan membuat pekerjaan pengukuran tanah maupun bangunan menjadi bertambah lebih mudah. Theodolite alat ukur optik yang telah mulai dikembangkan sejak awal abad ke-19 tersebut saat ini telah berkembang menjadi alat ukur yang lebih canggih lagi. Bahkan banyak yang menilai bahwa theodolite sekarang ini merupakan alat tercanggih diantara sekian banyak peralatan yang digunakan dalam survei.


Maka tidak mengherankan jika alat ukur yang banyak memiliki kelebihan serta keunggulan ini akhirnya membuat banyak toko-toko konvensional maupun online yang jual theodolite, sebagai sarana untuk memfasilitasi mereka yang membutuhkan alat ukur optik tersebut. Harga jual theodolite yang mereka tawarkan merupakan harga sebanding dengan kualitas dan kapasitas alat ukur optik tersebut yang begitu mumpuni. Pada perkembangannya, theodolite juga tidak hanya digunakan untuk mengukur sudut mendatar dan tegak bidang tanah saja tetapi telah digunakan untuk mengukur sudut siku-siku dan tinggi suatu bangunan bahkan theodolite saat ini juga telah digunakan dalam bidang teknologi peluncuran roket serta bidang metereologi.

Apabila anda memiliki rencana untuk membeli theodolite di toko yang jual theodolite, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis alat ukur optik tersebut sehingga anda lebih paham dan mengerti untuk memilih jenis theodolite seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut penjelasan beberapa jenis theodolite yang dibedakan berdasarkan konstruksi alat ukur optik tersebut :

1. Theodolite Reiterasi

Jenis theodolite ini dapat dilihat dari bagian lingkaran skala mendatarnya yang bersatu dengan kiap yang membuat bacaan skala mendatarnya menjadi tidak bisa diatur.

2. Theodolite Repetisi

Theodolite jenis ini adalah theodolite yang memiliki kontruksi sebaliknya dari theodolite reiterasi. Bagian lingkaran mendatar theodolite repetisi ini bisa diatur dan juga bisa mengelilingi sumbu tegak. Kontruksi yang dimiliki oleh theodolite repetisi ini membuat bacaan lingkaran skala mendatar 0, oleh karena itu dapat menentukan langsung ke arah bidikan atau target yang dikehendaki.


About Me

Follow by Email

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Share By Download Blogger Templates Free