Fungsi Dan Kegunaan pH Meter

Dunia industri dan laboratorium sudah tidak asing lagi bahkan menjadi rutinitas terpenting untuk membuat suatu produksi atau percobaan (pada lab) yang dibuat oleh suatu perusahaan dengan tujuan demi kesehatan (jika memproduksi makanan). Dan kini karena banyak sekali yang membutuhkan alat seperti ini baik dari perusahaan besar sampai perusahaan kecil dan juga lab khususnya, sehingga banyak orang juga yang jual pH Meter ini.


pH Meter adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur suatu keasaman dan alkalinitas dari sebuah senyawa atau cairan. Alat ini terdiri dari elektroda sebagai bagian penghubung ke meteran elektronik untuk pengukuran dan juga akan menampilkan pembacaan pH-nya atau juga disebut dengan probe pengukur khusus.

Tentu jika berbicara tentang lab kegunaannya adalah untuk melakukan percobaan tentang tingkat keasaman suatu benda cair atau pun semi padat, dan hal itu sangat penting dan biasanya dipergunakan oleh para pelajar jurusan Sains ataupun jurusan lain seperti pertanian dan kimia. Semakin banyak yang mengetahui tentang alat ini maka banyak juga yang memanfaatkannya untuk berbisnis, karena konsumen alat ini umumnya tentu adalah orang yang memproduksi suatu produksi makanan atau pun minuman bahkan dalam bidang pertanian seperti pupuk sehingga sangat baik untuk test tingkat keasaman pada produksi mereka demi kesehatan ataupun untuk obat.

Yang jual pH Meter pun semakin marak karena alasannya mungkin bisa di targetkan untuk para pelajar yang sedang dalam tuntutan tugas untuk mengetahui seberapa besar pH-nya tentang senyawa yang mengandung asam. Untuk sekedar informasi dalam penggunaan alat ini ada bagian yang penting yang disebut Probe atau elektroda, elektroda bentuknya seperti batang dan biasanya terbuat dari kaca dan terdapat bohlam pada bagian bawahnya yang merupakan probe berisi sensor.

Fungsi dan Kegunaannya dalam sehari – hari memang langka namun untuk kamu yang suka dengan sains, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengukur keasaman misalnya pada air. Juga tidak sulit untuk menemukan alat ini karena banyak yang jual pH Meter secara online.
Diberdayakan oleh Blogger.