Tips Penting Bagi Anda Penggemar Belanja Online

Tips berbelanja online yang aman memang menjadi salah satu informasi yang banyak dicari khususnya bagi mereka yang hobi berbelanja melalui media online.Toko yang menawarkan produk barang/jasanya secara online saat ini jumlahnya memang sangat banyak dan hal tersebut seolah menjadi tren tersendiri. Berbelanja secara online memang memberikan kemudahan tersendiri dalam kegiatan berbelanja karena kita tak perlu repot-repot untuk mendatangi penjual barang yang ingin kita beli tersebut.

Namun dibalik kemudahan serta fleksibilitas berbelanja secara online, kita harus tetap berhati-hati dari oknum jahat yang memanfaatkan fenomena ini. Sudah sering tentunya kita mendengar orang yang terkena penipuan saat melakukan belanja serta transaksi secara online.

Tidak semua toko online yang aktif di dunia maya tersebut rawan terhadap aksi penipuan. Tentunya ada toko online yang memang berjalan sesuai dengan regulasi bisnis yang benar dan benar-benar memperhatikan kepuasan konsumennya shopious.com.

Untuk menghindari aksi penipuan berkedok toko online, ada baiknya jika kita memperhatikan beberapa poin penting di bawah ini :

Tips Penting Bagi Anda Penggemar Belanja Online

-Perhatikan Kepemilikan Situs Online
Banyak kasus penipuan yang terjadi ketika kita berbelanja atau bertransaksi secara online dengan mereka yang belum memiliki situs sendiri. Contoh seperti maraknya orang saat ini yang berjualan melalui akun jejaring social misalnya seperti facebook. Mereka menawarkan atau melakukan promosi dengan tagging foto kemudian dibagikan kepada akun-akun milik temannya. Sebenarnya hal ini sah saja untuk dilakukan asalkan memang tidak ada unsur penipuan yang tentunya sangat merugikan pihak lain. Dan bagi kita pun yang ingin membeli produk yang ditawarkan melalui promosi akun facebook tersebut merupakan hal yang lumrah-lumrah saja. Namun ada baiknya jika kita melakukan transaksi jual beli secara online melalui akun facebook tersebut dengan orang yang benar-benar telah kita kenal.

-Mencegah hal-hal yang tidak diinginkan
Tetapi memang akan lebih baik jika kita ingin melakukan transaksi jual beli online tersebut dengan mereka yang telah memiliki situs resmi sendiri. Kepemilikan situs online sendiri tersebut dapat menunjukkan bahwa orang/pihak tersebut benar-benar serius dalam melakukan bisnis online dengan menyewa hosting serta membeli hosting sendiri.

-Memperhatikan Harga Barang yang Ditawarkan
Anda harus memperhatikan harga barang yang ditawarkan oleh si penjual barang online tersebut. Yang perlu ditekankan di sini adalah anda harus waspada dan berhati-hati terhadap toko online yang menawarkan harga produknya begitu murah. Produk dengan harga murah dapat menjadi alat untuk melakukan aksi penipuan terhadap calon pembeli. Maka itu dari anda wajib teliti dengan harga barang yang ditawarkan bahwa barang tersebut harganya tidak terlalu berbeda jauh dengan harga barang di pasaran.

-Memperhatikan Kredibilitas Merchant
Satu hal lainnya yang penting yang harus anda perhatikan saat akan berbelanja dan melakukan transaksi secara online adalah dengan memperhatikan kredibilitas perusahaan/toko online yang bersangkutan. Kredibilitas toko online yang baik tentunya dapat menjadi satu pertimbangan bahwa toko online tersebut benar-benar memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya.

Biasanya perusahaan/ toko online yang memiliki reputasi serta kredibilitas yang baik selalu menampilkan alamat lengkap beserta nomor-nomor yang dapat dihubungi bagi para konsumennya jika satu waktu para konsumen tersebut membutuhkan bantuan atau informasi tentang toko online tersebut seperti shopious.com .Semoga poin-poin penting dalam melakukan belanja dan bertransaksi secara online yang telah dijelaskan seperti di atas dapat menjadi panduan dan tips berbelanja online yang aman.
Diberdayakan oleh Blogger.