Tips dan Cara Bikin Spaghetti Agar Tidak Lengket



Apakah Anda pernah menemukan spaghetti yang lengket atau saling menempel saat akan dimakan? Selain karena kualitas spaghetti, hal tersebut kemungkinan terjadi karena proses memasaknya yang tidak benar. Ada tips dan cara bikin spaghetti yang harus Anda terapkan jika tidak ingin lengket atau saling menempel. Langsung saja, berikut ini adalah tipsnya:

Gunakan Air yang Benar-Benar Mendidih

Spaghetti aka direbus terlebih dahulu agar menjadi lunak. Sebelum masukkan spaghetti ke panci, pastikan airnya sudah benar-benar mendidih. Jangan memasukkan spaghetti saat air belum mendidih. Pasalnya spaghetti membuat suhu air menjadi turun. Jika dimasukkan sebelum air mendidih, airnya akan semakin lambat untuk mendidih.

Air untuk Merebus Harus Cukup

Selain airnya harus benar-benar mendidih, pastikan juga air yang digunakan untuk merebus cukup banyak. Pasalnya pati yang terlepas ke dalam air itulah yang membuat spaghetti menjadi lengket dan saling menempel. Rasio air dan spaghetti yang pas adalah 4 liter banding dengan 450 gram.

Selalu Aduk di 2 Menit Pertama

Dua menit pertama setelah spaghetti masuk ke panci, spaghetti tersebut akan penuh dengan lapisan pati yang lengket. Oleh sebab itu, Anda harus selalu mengaduk spaghetti pada 2 menit pertama. Tidak mengaduknya membuat spaghetti terus menempel hingga matang.

Jangan Beri Minyak Sebelum Ditambahkan Saus

Beberapa orang sering menambahkan minyak setelah merebus spaghetti. Minyak memang membuat pasta tidak lengket, namun membuatnya menjadi licin. Akibatnya saus spaghetti nanti tidak bisa menyatu. Anda bisa menambahkan minyak pada air saat merebus jika Anda akan makan spaghetti dengan minyak zaitun atau mentega saja, tanpa saus.

Bilas Spaghetti Matang dengan Air Sebelum Ditambahkan Saus

Tips terakhir yaitu membilas spaghetti matang yang selesai direbus. Gunakan air dingin untuk membilas agar pati yang menyebabkan pasta lengket bisa hilang. Setelah itu Anda bisa meletakkannya di kulkas dan memakannya saat lapar.

Itulah tips dan cara bikin spaghetti agar tidak lengket atau saling menempel. Jika ingin mendapatkan tips atau resep masakan kekinian lain, Anda bisa mengunjungi website Unilever Food Solutions atau www.unileverfoodsolutions.co.id. Selain inspirasi dan resep, Anda juga bisa membeli bumbu masakan secara online

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.