7 Jenis Digital Marketing yang Paling Banyak Digunakan

Pemasaran merupakan salah satu bagian vital dari sebuah bisnis. Tanpa adanya pemasaran yang baik, bisnis yang berkualitas sulit dikenal oleh masyarakat. Di era digital ini, jenis pemasaran yang paling efektif dan efisien untuk digunakan adalah pemasaran digital atau digital marketing. Secara umum, pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan teknologi dan internet. Setidaknya ada tujuh jenis pemasaran digital yang paling banyak digunakan saat ini yaitu:

Search Engine Optimization (SEO)

Salah satu jenis pemasaran digital yang populer saat ini adalah SEO atau Search Engine Optimization. SEO sendiri adalah sebuah teknik yang diterapkan agar website muncul di halaman utama mesin pencarian. Tujuannya adalah mendapatkan traffic dan meningkatkan awareness sebuah brand. Contoh penerapan SEO yaitu membuat konten dengan kata kunci, membangun backlink, dan lain sebagainya.

Search Engine Marketing (SEM)

Selain istilah SEO, ada juga istilah SEM atau Search Engine Marketing. Berbeda dengan SEO yang pada umumnya dijalankan secara gratis, SEM biasanya berbayar. Jika di mesin pencarian Google adalah Google Ads. Ada dua jenis iklan yang bisa ditampilkan yaitu pay-per-click atau paid search advertising. Untuk menjalankannya, Anda harus melakukan bid dengan keyword atau kata kunci tertentu.


Social Media Marketing (SMM)

Social media atau yang juga akrab disebut sosmed menjadi platform yang paling sering dibuka saat ini. Bahkan sebagian besar orang menghabiskan waktunya di social media ketika menjelajah internet. Karena hal tersebut, SMM sangat penting dalam pemasaran digital. Beberapa contoh SMM adalah membuat konten media sosial, mendengarkan keluhan pelanggan, berbagi informasi, dan lain-lain.

Content Marketing

Content marketing merupakan jenis pemasaran digital yang fokus pada produksi dan juga distribusi konten. Konten memang menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah pemasaran karena mempengaruhi minat audiens. Tujuan utama konten yaitu menarik aksi menguntungkan dari audiens. Contohnya konten artikel di blog, podcast, video, dan lain-lain.

Influencer Marketing

Influencer merujuk pada orang-orang yang memiliki banyak pengikut dan dapat mempengaruhi pengikutnya tersebut. Influencer marketing ternyata menjadi salah satu jenis pemasaran digital yang paling banyak digunakan saat ini. Caranya yaitu dengan menyewa jasa influencer untuk melakukan endorsement. 

Email Marketing

Email marketing pada umumnya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Seperti nama yang disematkan, pemasaran satu ini menggunakan media email. Email akan diberikan pada pelanggan yang biasanya sudah pernah melakukan pembelian. Jadi email yang dikirimkan tidak akan dianggap spam oleh audiens. Sebelum menerapkan email marketing, Anda harus paham dengan baik apa itu email marketing dan apa saja manfaatnya.

Affiliate Marketing

Jenis pemasaran digital yang paling banyak digunakan terakhir adalah affiliate marketing. Sederhananya, affiliate marketing merupakan jenis pemasaran digital yang memungkinkan seseorang menjalin hubungan bisnis dengan orang lain. Orang tersebut berfungsi sebagai agen pemasaran yang memasarkan produk Anda. Mereka akan mendapatkan imbalan berupa komisi apabila berhasil menjual produk.

Itulah jenis-jenis pemasaran digital atau digital marketing yang perlu Anda ketahui. Tidak semua jenis pemasaran tersebut harus diterapkan. Anda bisa memilih jenis pemasaran yang cocok dengan bisnis. Namun untuk memilihnya itu tidak mudah karena harus ada pertimbangan.

DIGINET bisa membantu Anda mempertimbangkan jenis pemasaran digital yang cocok. Bukan hanya itu saja, tim juga akan membantu menjalankan pemasaran sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Sebelum bekerja sama, lakukan konsultasi dengan tim melalui WhatsApp. Informasi dan kontak bisa Anda lihat di website resmi DIGINET yaitu www.diginet.co.id. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.