Cara Mengetahui Keaslian Cincin Emas Kekinian



Emas masih menjadi material perhiasan yang paling disukai wanita. Apalagi jenis emas sekarang sangat beragam. Bukan hanya emas kuning saja, namun ada juga emas putih, rose gold, dan lain sebagainya. Selain memperhatikan kualitas batu permata yang disematkan, Anda juga harus memperhatikan keasliannya cincin emas kekinian saat membelinya. Sebagai pedoman pembelian, berikut ini beberapa cara mengetahui keaslian perhiasan emas yang bisa Anda ikuti:

Mengecek Kadar Warnanya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui keaslian cincin yaitu dengan mengecek kadar warnanya. Caranya yaitu dengan mengusap permukaan cincin menggunakan jari. Emas asli tetap bisa mempertahankan warnanya setelah diusap menggunakan jari. Sementara emas palsu akan berubah warna sehingga tidak sama dengan warna di bagian yang tidak diusap dengan jari. 

Menggunakan Magnet

Cara mengetahui keaslian cincin atau perhiasan emas selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan magnet. Biasanya cara ini dilakukan sebagai metode tambahan untuk meyakinkan bahwa emas tersebut asli atau palsu. Emas tidak termasuk logam magnetik sehingga tidak akan menempel apabila berdekatan dengan magnet. Meskipun begitu, Anda perlu melakukan pengujian lainnya karena banyak logam lain yang bersifat non-magnetik yang juga bisa digunakan sebagai cincin.



Menggunakan Gold Tester

Cara mengetahui keaslian cincin emas yang paling mudah dilakukan dan hasilnya cukup akurat yaitu menggunakan gold tester. Gold tester sendiri merupakan sebuah alat yang biasa digunakan untuk menguji kemurnian sebuah emas. 

Cara menggunakannya hanya dengan menempelkan cincin pada ujung gold tester. Setelah itu akan didapatkan hasil yang Anda inginkan yaitu berupa kandungan karat dalam emas. Hasil dari cincin 10K berbeda dengan cincin 22K. Sayangnya gold tester hanya dimiliki oleh toko perhiasan saja. Jadi Anda harus meminjamnya jika ingin melakukan pengujian dengan alat ini.

Menguji dengan Berat Jenis

Menguji dengan berat jenis sedikit lebih sulit dibandingkan pengujian lainnya. Namun dengan cara ini Anda bisa lebih yakin apakah cincin yang dibeli asli atau palsu. Perlu Anda ketahui bahwa emas memiliki berat jenis yang berbeda-beda. Jadi Anda perlu menimbangnya.

Hasil penimbangan akan menjadi emas berat kering. Lalu masukan emas yang sudah diikat tali ke dalam air. Setelah itu, angkat dan timbang. Hasilnya nanti menjadi emas berat basah.

Bagi emas berat kering dengan berat basah. Hasil dari pembagian tersebut merupakan berat jenis. Nilai berat jenis dari emas asli biasanya sekitar 19,3 gram/cm2.

Menguji dengan Suara

Pengujian selanjutnya yaitu melakukan pengujian dengan suara. Anda bisa mencoba mengetuk cincin dengan koin atau logam lainnya. Emas asli memiliki suara yang panjang dan bernada tinggi. Sementara emas palsu memiliki suara yang jauh lebih pendek jika beradu dengan logam lainnya. Pastikan Anda melakukan pengujian ini saat berada di tempat yang sunyi agar suara logam terdengar.

Memeriksa Sertifikat Emas

Cara mengetahui keaslian cincin dari emas yang paling mudah adalah memeriksa sertifikat. Semua emas yang memiliki sertifikat adalah emas asli. Meskipun begitu, Anda wajib mengecek sertifikat emas tersebut. Pastikan sertifikat emas memiliki tanda hologram berupa garis minor warna warni. Selain itu, sertifikat emas asli juga memiliki logo watermark dari perusahaan yang mengeluarkannya. Usahakan tidak membeli cincin di penjual yang tidak menawarkan sertifikat.

Itulah cara mengetahui keaslian perhiasan emas yang bisa Anda lakukan. Jika mencari cincin emas kekinian yang berkualitas, Anda bisa membelinya di Mondial Jeweler. Banyak koleksi terbaru yang bisa membantu para tampil semakin menawan. Selain cincin, Mondial Jeweler juga menawarkan perhiasan lainnya. Lihat koleksi perhiasannya dengan mengunjungi website www.mondialjeweler.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.