4 Cara Sederhana Memastikan Keaslian Cincin Pernikahan Berlian


Memilih cincin pernikahan yang tepat memang menjadi suatu pertimbangan yang cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi jika Anda sebelumnya minim sekali pengetahuan mengenai perhiasan, maka hal tersebut akan menjadi sebuah PR tambahan lagi. 


Sebagai rekomendasi singkat saja, ketika Anda akan membeli perhiasan cincin untuk acara pernikahan, maka bisa dengan memilih yang terbuat dari berlian. Pasalnya cincin pernikahan berlian ini, memiliki banyak sekali keunggulannya bila dibandingkan dengan jenis perhiasan lainnya. 


Namun untuk bisa mendapatkan cincin pernikahan berlian asli dan benar-benar berkualitas ini sendiri, Anda wajib berhati-hati. Pasalnya di era sekarang sudah banyak bermunculan cincin berlian palsu dan juga imitasi. Dengan demikian, setidaknya Anda mesti mengetahui keaslian dari sebuah berlian, dengan melakukan ragam tes sederhana. 


Cara sederhana menguji keaslian cincin berlian


Menjadi suatu hal yang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tidak semua cincin berlian yang beredar dipasaran, adalah berlian yang asli dan berkualitas. Apalagi kalau Anda membelinya di sembarang toko perhiasan, maka setidaknya perlu waspada. 


Alangkah baiknya untuk bisa mendapatkan cincin berlian yang asli dan berkualitas, bisa Anda membelinya di Mondial Jeweler. Disana terdapat pilihan cincin untuk acara pernikahan yang dijamin keasliannya, dengan desain yang unik dan modern. 


Walaupun Anda masih ragu terhadap keaslian suatu cincin berlian, setidaknya ada 4 cara sederhana untuk mengetes keaslian dari batu berliannya tersebut. Dan beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut :


Metode baca


Ambil berlian yang mau Anda tes keasliannya, dan taruh di media baca seperti buku, koran, majalah dan lain sebagainya. Lalu lihat hasilnya, apakah anda masih bisa membaca tulisan yang terdapat pada media baca tersebut? Jika jawabannya iya, maka keaslian dari berlian patut Anda pertanyakan kepada si penjual cincin berlian. 


Karena sejatinya berlian yang asli tidaklah akan demikian, melainkan tulisan dalam media bacanya akan terlihat buram. 


Metode nafas


Metode selanjutnya untuk mengetes keaslian berlian yakni adalah dengan cara metode menghembuskan nafas. Sama halnya ketika Anda sedang mencoba untuk menghembuskan nafas ke depan cermin, lakukan hal serupa kepada permukaan cincin berlian. 


Nah bila didapati uap dari hembusan nafas Anda bisa hilang dengan cepat pada cincin berlian, maka bisa dipastikan cincin berlian tersebut adalah benar-benar asli. Hal ini dikarenakan berlian ini sendiri memiliki sifat penghantar panas yang baik. 


Metode gores


Apabila Anda masih ragu terhadap keaslian suatu cincin berlian yang mau dibeli di toko perhiasan. Maka Anda bisa melakukan cara tes keaslian berikutnya yakni, dengan cara metode goresan. Hanya saja Anda pastikan sudah sepakat dengan si penjual perhiasan cincin berliannya ya. 


Coba goreskan cincin berliannya ke permukaan sebuah cermin atau kaca. Dan bila didapati hasil cincin berliannya terdapat goresan, maka besar kemungkinan cincin berlian yang dijual adalah berlian yang abal-abal. 


Hal ini dikarenakan seperti yang sudah kita ketahui bahwa, berlian ini memiliki ketahanan yang sangat baik, sehingga tidak akan mudah tergores bila terkena benturan yang sifatnya ringan. 


Metode air


Metode sederhana terakhir yang bisa dilakukan adalah, dengan cara menenggelamkan cincin berlian di wadah berisikan air. Caranya, coba ambil wadah yang sudah berisikan air di sekitar Anda, lalu setelahnya tenggelamkan cincin berlian yang mau Anda tes keasliannya.


Bila didapati hasil cincin berliannya dengan cepat terjun ke dasar wadah, maka bisa dipastikan cincin berlian tersebut adalah yang asli. Lain halnya jika cincin mengambang-ngambang dan jatuh secara perlahan, besar kemungkinan cincin berliannya adalah palsu.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.