Tak Kalah Indah Dengan Kalung Berlian Asli, Yuk Intip Perhiasan Palladium



Bukan hanya dibuat khusus untuk kaum hawa, perhiasan juga banyak diminati kaum adam, loh. Salah satunya yaitu perhiasan dari Palladium. Namun, jangan salah. Palladium tak kalah menawan dengan kalung berlian dari Mondial. Palladium merupakan salah satu jenis bahan untuk perhiasan selain emas dan juga perak. Di Indonesia, logam mulia ini dijadikan bahan dasar untuk perhiasan bagi pria. Karena dalam Islam, pria dilarang menggunakan perhiasan dari emas dan perak.  

Oleh sebab itu, banyak calon mempelai pengantin pria yang memilih alternatif menggunakan perhiasan dari Palladium sebagai cincin pernikahannya. Palladium merupakan logam mulia yang berwarna putih dan mengkilap. Logam ini masih satu kelompok dengan platinum, ruthenium, rhodium, osmium, dan juga iridium. 



Rusia dan Afrika merupakan pemasok terbesar dari logam Palladium di dunia. Tak ada perusahan yang secara khusus menambang logam ini. Karena Palladium dapat diperoleh melalui produk sampingan dari emas, nikel, juga platinum. 

Selain digunakan sebagai perhiasan, Palladium juga bisa digunakan dalam industri otomotif. Palladium bisa berfungsi untuk mengurangi emisi gas beracun dari ruang bakar mesin. Selain itu, Palladium lazim digunakan untuk peralatan kedokteran gigi dan elektronik. Maka dari itu, seiring bertambahnya permintaan, harga Palladium juga  relatif semakin naik. Kenaikan harga ini dipicu oleh kebutuhan dari logam Palladium yang terus bertambah untuk industri otomotif dan juga bahan baku perhiasan. 

Kelebihan logam Palladium dibanding dengan emas

Sebagai perhiasan, Palladium memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan logam mulia lain seperti emas. Selain masalah harga, karena harganya yang jauh lebih murah, logam ini juga terkenal dengan daya tahannya loh. Logam Palladium ini memiliki daya tahan yang relatif lama, mudah dibersihkan, dan tidak menimbulkan efek alergi pada kulit. Perawatannya pun mudah dan murah. Inilah yang menyebabkan logam Palladium banyak diminati tak kalah dengan kalung berlian asli yang terbuat dari emas. 

Palladium berwarna putih alami dan tidak memerlukan pelapisan dan campuran dari logam lain. Warna putih yang dimiliki logam mulia ini tidak berubah meskipun telah digunakan dalam jangka waktu bertahun-tahun lamanya.

Selain itu, berat Palladium lebih ringan dibandingkan dengan emas putih. Meski demikian, di Indonesia tak banyak toko emas yang menyiapkan stok perhiasan dari Palladium. Hal ini dikarenakan stok dari logam Palladium ini masih terbatas di pasaran. 

Namun, seiring berjalannya waktu dan pergerakan dunia fashion, dari tahun ke tahun popularitas yang dimiliki logam Palladium ini kian meningkat. Terutama di kalangan pria. Hal ini dikarenakan selain ajaran agama tertentu, Palladium juga memiliki banyak sekali kelebihan. Misalnya, perawatannya yang mudah, karena pria cenderung menyukai hal-hal yang simple.

Berbeda dengan emas yang lebih mudah dibentuk, logam Palladium memiliki sifat yang cenderung lebih keras. Sehingga, logam Palladium akan lebih sulit untuk dibentuk. 

Meskipun demikian, masih banyak kok model-model perhiasan dari logam Palladium yang bisa dipilih karena modelnya yang indah. Perhiasan dari logam Palladium bisa dibentuk sedemikian rupa layaknya perhiasan dari logam emas. 

Palladium juga memiliki sifat anti alergi dan juga oksidasi korosi. Oleh karenanya, cincin Palladium akan sangat cocok digunakan untuk cincin pernikahan mempelai pria. Hal ini dikarenakan cincin Palladium lebih tahan terhadap aktivitas-aktivitas maskulin. Selain itu, kilaunya pun bisa lebih terjaga dengan baik. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Palladium. Semoga membantu. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.