Cara Memberikan Makanan Bayi 6 Bulan yang Tepat

 


Anda sudah harus memberikan makanan pendamping ASI ketika Si Kecil memasuki usia 6 bulan. Manfaat makanan yaitu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi serta energi untuk proses tumbuh kembang anak. Pemberian MPASI tersebut diberikan mulai usia 6 bulan hingga 18 bulan atau 24 bulan. Jadi awal Si Kecil mendapatkan makanan padat yaitu saat usia 6 bulan. Karena hal tersebut, pemberian makanan bayi 6 bulan perlu diperhatikan karena merupakan makanan padat pertamanya. Langsung saja, berikut ini ada beberapa cara pemberian makanan untuk bayi 6 bulan yang bisa Anda ikuti:


Ketahui Komposisi ASI dan MPASI\

Makanan untuk bayi 6 bulan berguna sebagai makanan pendamping ASI. Jadi ASI masih menjadi asupan utama mereka. Komposisi ASI dan MPASI yaitu 70 persen ASI dan 30 persen MPASI.


Ketahui Frekuensi Pemberian MPASI

Bayi 6 bulan mendapatkan makanan cukup 2-3 kali sehari. Jumlah energi yang dibutuhkan bayi 6 bulan yaitu sebanyak 200 kkal per hari sehingga bisa dicukupi dengan 2-3 kali makan dan tetap diberikan ASI.


Ketahui Jumlah Pemberian MPASI

Selain frekuensi pemberian makanan bayi 6 bulan, Anda juga harus mengetahui jumlah yang diberikan. Bayi 6 bulan hanya membutuhkan 2-3 sendok makan saja. Selanjutnya dapat ditingkatkan secara bertahap sesuai usianya.






Ketahui Tekstur MPASI

ASI sebagai makanan utama Si Kecil di 6 bulan awal kehidupan memiliki tekstur cair. Karena bayi 6 bulan baru pertama mendapatkan makanan padat, maka sebaiknya tekstur makanan yang diberikan halus dan lembut. Biasanya makanan untuk bayi 6 bulan berupa puree yang lembut.


Itulah cara memberikan makanan bayi 6 bulan yang perlu diperhatikan dengan baik. Sedangkan makanan yang bisa Anda berikan pada bayi 6 bulan yaitu MPASI instan dan homemade. Jika memiliki kesibukan tinggi, Anda bisa memberikan MPASI instan. Pilihan produk MPASI instan untuk bayi 6 bulan adalah Nestle Cerelac Bubur Sereal dan Nestle Cerelac Bubur Sereal Susu. 


Bahan yang digunakan adalah bahan alami pilihan yang telah dikeringkan. Selain itu, produk Nestle Cerelac juga mengandung banyak vitamin dan mineral serta zat besi. Pilih varian rasa yang Anda ingin dan lakukan pembelian secara online atau offline.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.