Berbagi Inspirasi Tentang Rumah: Tips Mendesain Rumah Minimalis

Mendesain rumah merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Apalagi ketersediaan lahan semakin sempit sedangkan kebutuhan akan hunian baru semakin tinggi. Karena hal tersebut, akhirnya banyak orang yang memutuskan untuk memilih rumah berdesain minimalis. Tidak dibutuhkan lahan yang lebar untuk membangun rumah minimalis. Namun Anda harus pandai-pandai mendesainnya agar rumah terasa nyaman dan terlihat indah. Berbagi inspirasi tentang rumah minimalis mungkin Anda butuhkan untuk mendapatkan rumah sesuai keinginan. Berikut ini adalah tips mendesain rumah minimalis yang bisa Anda ikuti:

Memaksimalkan Ruangan yang Tersedia

Tips pertama dalam mendesain rumah minimalis adalah memaksimalkan ruangan yang tersedia. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa meletakkan berbagai macam perabotan di dalam ruangan. Sebaliknya, hindari untuk meletakkan terlalu banyak perabotan di lantai rumah Anda. Misalnya saja meletakkan buku pada rak dinding, dibandingkan di meja yang berada di lantai. Hal ini bisa membuat rumah tampak lebih luas dan nyaman.

Gunakan Pembatas Ruang Secukupnya

Salah satu kesalahan banyak orang ketika mendesain rumah yang sempit adalah terlalu banyak menggunakan pembatas ruangan. Jika ingin mendapatkan kesan luas, sebaiknya hindari penggunaan pembatas ruangan yang berlebihan. Cara menyiasatinya yaitu menyatukan beberapa ruangan yang sekiranya masih berhubungan. Sebagai contoh yaitu menyatukan ruang makan dengan dapur, ruang keluarga dengan ruang tamu, dan lain sebagainya.

Pilih Furniture yang Unik dan Menarik

Furniture atau perabotan rumah saat ini hadir dengan desain yang sangat beragam. Bagi pemilik rumah minimalis, furniture berkonsep multifungsi sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan. Beberapa furniture multifungsi yang bisa dipilih yaitu sofa bed, rak dinding, meja lipat, lemari dapur yang bisa menjadi meja makan, dan lain sebagainya.

Pilih Warna dengan Cermat

Ketika berbagi inspirasi tentang rumah minimalis, warna menjadi elemen yang tidak boleh ditinggalkan. Pasalnya pemilihan warna yang tepat bisa membuat rumah Anda tampak luas, bersih, dan elegan. Pemilik rumah minimalis sangat dianjurkan untuk menghindari warna yang terlalu banyak. Sebaliknya, Anda dianjurkan untuk memilih warna netral seperti abu terang, putih, atau aksen kayu.

Pencahayaan Alami yang Baik

Pencahayaan yang dimaksud adalah pencahayaan alami dari sinar matahari. Fungsi pencahayaan alami yaitu untuk mengurangi kelembaban dan membuat suasana rumah tidak terlalu gelap atau sura,. Lampu dianggap memberikan kesan yang berbeda dibandingkan sinar matahari secara langsung. Selain pencahayaan alami, Anda juga perlu memperhatikan sirkulasi udara di rumah. Ventilasi udara yang cukup membuat rumah tetap nyaman dan terasa sejuk. 

Pastikan Rumah Selalu Bersih

Rumah minimalis yang berisi banyak barang membuatnya tampak sesak dan ruwet. Pemilik rumah tentu saja akan merasa rumah tidak nyaman untuk ditinggali. Selain meminimalisir furniture di rumah, Anda juga harus memastikan bahwa rumah selalu bersih. Rumah yang rapi dan bersih mampu memberikan kenyamanan maksimal bagi penghuninya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika ingin memiliki rumah minimalis yang nyaman dan indah. Sebelum mulai melakukan pembangunan, ada baiknya Anda bertanya pada ahli terlebih dahulu untuk memastikan bahwa desain yang dibuat sudah baik. Masterumah.id menghadirkan layanan Tanya Master untuk Anda yang ingin mendapatkan inspirasi tentang desain rumah minimalis.

Langsung saja gunakan fitur tersebut dan tanyakan mengenai berbagai hal mulai dari desain, material, dan lain sebagainya. Selain berbagi inspirasi tentang rumah, Masterumah.id juga menghadirkan layanan lainnya. Langsung saja kunjungi website masterumah.id untuk mendapatkan inspirasi maupun informasi yang Anda butuhkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.