Kualitas Semen Ternyata Dipengaruhi Oleh Jenisnya, Simak Ke-6 Jenisnya Ini!

kualitas semen

Saat Anda membangun sebuah tempat tinggal atau rumah, ada beberapa material penting yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah semen. Namun ternyata, semen sendiri ada beberapa jenisnya, dengan kualitas semen yang berbeda-beda.

Semen sendiri adalah material bangunan yang berbentuk serbuk. Terbuat dari campuran kapur, gipsum, batu kapur, pasir silika dan beberapa bahan material lain lagi. Material ini jika dicampur dengan air, akan menjadi keras. Biasa digunakan untuk pembuatan beton dan juga meratakan batu bata saat membuat tembok rumah.

Ternyata, semen tidak hanya satu jenis saja. Tetapi ada banyak macamnya. Setiap jenis memiliki kualitas semen yang berbeda-beda pula.

kualitas semen

Portland Cement (PC) jenis 1

Ini adalah jenis semen yang umum digunakan untuk material bangunan. Baik untuk bahan beton, plester, mortar ataupun tambahan non spesialisasi lainnya. Penggunaannya pun tidak membutuhkan syarat yang banyak. Banyak digunakan sebagai konstruksi rumah, jembatan dan gedung-gedung.

Portland Cement (PC) Jenis II

Semen jenis ini sangat baik digunakan untuk perlindungan tambahan. Mampu melindungi bangunan dari kandungan sulfat pada air dan tanah,

Karena sifatnya ini, material ini banyak digunakan untuk bangunan yang dibangun di tepi pantai dan juga tanah rawa.

Portland Cement (PC) Jenis V

Untuk bangunan yang berada di area tinggi sulfat, jenis kualitas semen ini dianggap yang terbaik. Sangat cocok untuk banguna yang berada di rawa, dermaga dan silo yang tersusun atas bahan kimia.

Portland Composite Cement (PCC)

Masyarakat banyak menggunakan semen ini karena memiliki kadar panas hidrasi yang paling rendah. Selain itu, pengaplikasiannya juga lebih mudah, menghasilkan plester atau permukaan yang lebih halus.

Oil Well Cement (OWC)

Jenis semen ini memang akan jarang kita temui di toko bangunan umum. Biasanya digunakan sebagai penyekat pada pengeboran minyak. 

Semen putih

Memiliki kandungan besi dan magnesium oksida yang lebih rendah dari jenis semen lain. Biasanya digunakan untuk struktur bangunan dekoratif dan pekerjaan arsitektur.

Demikian 6 jenis semen yang saat ini banyak beredar di dunia. Untuk Anda yang sedang membutuhkan material ini untuk hunian Anda, hanya percaya pada produk dengan kualitas semen yang baik dan sudah teruji sejak lama yaitu semen Tiga Roda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.