Tips Bayar Tagihan PDAM Online Tepat Waktu

bayar tagihan pdam online

Setiap rumah tangga pasti memiliki beberapa tagihan bulanan yang harus dibayarkan tepat waktu. Selain listrik dari PLN, kebanyakan orang juga menggunakan air dari PDAM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sama halnya seperti listrik dari PLN, Anda yang telat membayar tagihan PDAM juga akan terkena denda atau penalti. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda selalu tepat waktu bayar tagihan PDAM online maupun offline.

Namun banyaknya tagihan yang ada mungkin membuat Anda kesulitan mengatur waktu dan keuangan sehingga terkadang lupa membayar tagihan PDAM. Jika terus terjadi, bisa saja air di rumah Anda mati karena tagihan yang tidak kunjung dibayarkan. Berikut ini ada beberapa tips bayar tagihan tepat waktu yang bisa Anda ikuti:

Gunakan Aplikasi Pengingat di Ponsel

bayar tagihan pdam online

Cara pertama dan paling mudah adalah mengatur pengingat di ponsel untuk mengingatkan Anda bahwa sudah waktunya membayar tagihan PDAM. Batas akhir pembayaran tagihan adalah tanggal 20 setiap bulannya. Jadi Anda bisa mengatur pengingat di ponsel 2-5 hari sebelum batas akhir pembayaran. 

Apabila pengingat sudah berbunyi, jangan tunda lagi untuk membayar karena Anda bisa saja lupa untuk membayarnya nanti. Gunakan fitur m-banking atau internet banking agar bisa langsung membayar tagihan dimana saja dan kapan saja. 

Langsung Bayar Ketika Tagihan Datang

Tagihan air biasanya akan datang beberapa hari sebelum batas pembayaran. Agar tidak lupa membayar tagihan, sebaiknya langsung bayar tagihan ketika tagihan tersebut datang. Jangan tunda hingga batas akhir pembayaran karena hal tersebut bisa membuat Anda lupa untuk membayarnya. 

Selain itu, bisa saja uang yang sudah Anda siapkan untuk membayar tagihan air terpakai apabila tidak segera dibayarkan. Jika uang sudah terpakai untuk kebutuhan lainnya maka Anda akan kebingungan membayar tagihan air dan berakhir telat membayar lagi.

Bayar Semua Tagihan di Hari yang Sama

Banyak tagihan yang harus dibayar setiap bulan memungkinkan Anda untuk melupakan salah satu tagihan, termasuk dengan tagihan PDAM. Agar semua tagihan terbayar semuanya, sebaiknya Anda memilih satu hari dalam sebulan untuk melunasi semua tagihan yang dimiliki. Aturlah pengingat mendekati tanggal jatuh tempo sehingga bisa langsung Anda lunasi semua. Namun cara ini bisa dilakukan apabila tanggal jatuh tempo semua tagihan Anda tidak jauh berbeda atau mendekati tanggal 20 setiap bulan.


Bayar Menggunakan M-Banking Bank Sinarmas

Bank Sinarmas menghadirkan kemudahan bagi Anda yang ingin bayar tagihan PDAM online. Kelebihan dari layanan ini yaitu lebih cepat, aman, serta lebih hemat. Pasalnya, biaya transaksi yang diberikan cukup terjangkau yaitu hanya sebesar Rp2.500 saja untuk setiap kali transaksi. PDAM yang bekerja sama juga cukup banyak di berbagai kota maupun kabupaten di Indonesia. Setidaknya ada 80 perusahaan air minum yang bekerja sama dengan Bank Sinarmas sehingga Anda bisa melakukan pembayaran melalui bank ini. Adapun cara melakukan pembayaran tagihan PDAM secara online dengan m-banking yaitu sebagai berikut:

Jika belum memiliki aplikasi SimobiPlus maka Anda harus mendownload dan daftar terlebih dahulu, namun jika sudah memilikinya Anda bisa langsung login.

Tersedia beberapa pilihan menu, lalu pilih “Pay” atau pembayaran.

Selanjutnya pilih sub menu “Water” untuk membayar tagihan PDAM maupun PAM.

Isi formulir yang tersedia, biller name diisi PDAM, consumer number diisi nomor pelanggan, dan area code diisi kode area PDAM yang Anda gunakan.

Cek kembali semua data yang telah diisi. Jika sudah benar lanjutkan dengan klik “Berikutnya”.

Masukkan EasyPin Anda.

Transaksi telah selesai.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan agar bayar tagihan PDAM online tepat waktu. Jika berhasil membayar tepat waktu maka Anda tidak akan mendapatkan denda atau penalti. Tidak hanya pembayaran tagihan PDAM saja, Bank Sinarmas juga menyediakan layanan biller untuk tagihan lain seperti listrik PLN, BPJS, dan lain sebagainya. Kunjungi website resminya di banksinarmas.com untuk informasi lebih lengkap.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.