Manfaat Bermain Sambil Belajar untuk Anak Usia Dini

bermain sambil belajar
Ketika anak berada pada usia 1-6 tahun atau anak usia dini maka sebagian besar waktunya digunakan untuk bermain. Hal ini berkaitan dengan masa tumbuh kembang anak yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua. Agar masa bermain anak tersebut menjadi lebih seru dan bisa sebagai sarana belajar maka anda bisa menerapkan bermain sambil belajar melalui metode yang menyenangkan.

Anak usia dini memang sebaiknya diarahkan untuk bermain sambil belajar sehingga dapat mendukung tumbuh kembang anak dan menjadikan mereka lebih mandiri maupun mempunyai kontrol atas lingkungannya. Dengan bermain maka anak-anak bisa menemukan hal-hal baru seperti meniru, bereksplorasi maupun mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.  

Mengajak anak terlibat dalam kegiatan bermain sambil belajar memang bukanlah hal yang mudah. Karena anda harus memahami jenis permainan yang disukai oleh anak-anak agar mereka tidak cepat bosan. Agar para orangtua semakin mengerti pentingnya bermain sekaligus belajar untuk anak usia dini maka Nestle menjelaskan beberapa manfaatnya yang perlu anda ketahui.
bermain sambil belajar

1. Pengenalan Perasaan


Melalui kegiatan bermain sekaligus belajar maka anak bisa mengenali dirinya sendiri serta mengembangkan pola perilaku yang dapat memuaskan dalam hidup. Pengenalan emosi juga termasuk bertujuan untuk perkembangan emosi seorang anak. Tentu saja melalui kegiatan bermain maka seorang anak bisa belajar menerima, mengatasi masalah maupun berekspresi secara positif.

2. Pengenal Terhadap Orang Lain


Melalui bermain maka dapat memberikan jalan untuk perkembangan sosial anda saat berbagi dengan anak lain. Tentu saja bermain bisa menjadi sarana yang penting untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi serta memperluas empati anak terhadap orang lain.

3. Pengenalan Berbagai Gerak


Melalui bermain maka anda bisa memaksimalkan perkembangan fisiknya termasuk perkembangan perseptual motorik yang meliputi manajemen tubuh dan kontrol, kemampuan bukan motorik kasar, motorik kasar dan koordinasi mata dan tangan atau mata dan kaki.

4. Komunikasi Berkembang


Melalui bermain maka anda bisa belajar kemampuan berbahasa sehingga ia dapat memperluas kosakata serta mengembangkan daya penerimaannya. Selain itu melalui komunikasi tersebut anak dapat berinteraksi dengan anak lain maupun orang dewasa secara spontan.

5. Keterampilan Berpikir


Saat bermain anak akan menerima pengalaman baru, berinteraksi dengan orang lain, memanipulasi bahan atau alat serta mulai merasakan dunia mereka. Sehingga bisa menjadi sarana untuk pemahaman terhadap diri sendiri, orang lain maupun lingkungan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat penting bermain sekaligus belajar bagi anak usia dini. Untuk informasi lebih lengkap seputar bermain dan belajar maka anda bisa mengunjungi website Nestle yang menyediakan beragam kebutuhan dan manfaat untuk anda. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.