Aneka Keuntungan Pinjaman BPKB Mobil

pinjaman bpkb mobil
Pinjaman BPKB mobil merupakan hal yang sering dilakukan masyarakat jika membutuhkan dana dengan nominal yang tidak terlalu besar. Umumnya masyarakat yang mengajukan pinjaman jenis ini adalah mereka yang membutuhkan dana mendesak entah untuk keperluan yang bersifat konsumtif (biaya pendidikan, kesehatan, wisata dan sebagainya) atau untuk keperluan yang bersifat produktif seperti modal usaha dan investasi.

Inilah berbagai keuntungan pinjaman BPKB mobil

Dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan surat berharga lain, pinjaman BPKB mobil lebih diminati masyarakat karena memiliki beberapa keuntungan. Salah satu alasannya adalah karena jumlah uang yang dipinjam tidak terlalu besar (sekitar 50 juta). Sangat berbeda dibandingkan dengan jika Anda mengajukan pinjaman menggunakan surat tanah sebagai jaminan pinjaman.
pinjaman bpkb mobil
Selain itu, proses pengajuan yang terbilang cepat dan mudah serta resiko yang tidak terlalu besar menjadi daya tarik terbesar bagi masyarakat maupun perusahaan yang membutuhkan dana secepat mungkin. Proses pengajuan hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari untuk validasi dan pengecekan keaslian BPKB untuk persetujuan pinjaman. 

Selain karena hal-hal tersebut, Anda juga masih bisa menggunakan mobil meski BPKB mobil telah digunakan sebagai jaminan. Jika pun Anda tidak dapat melunasi pinjaman, kemungkinan terburuk yang ada adalah penarikan kendaraan Anda yang dapat dikatakan sebagai kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.

Untuk melindungi Anda dari hal-hal buruk akibat pinjaman BPKB mobil, ada baiknya Anda mengetahui hak-hak Anda sebagai nasabah seperti jaminan fidusia dan bantuan jika Anda kesulitan melakukan pelunasan pinjaman. Jaminan fidusia sendiri adalah mereka yang menjaminkan surat-surat kendaraan bergerak (mobil, sepeda motor dan sebagainya) seperti BPKB saja tanpa menyerahkan kendaraan secara fisik.

Mekanisme ini diatur dalam UU No.4/1996 tentang Hak Tanggungan Penerima Fidusia. Pastikan perjanjian pinjaman Anda dilengkapi dengan jaminan fisudia. Jaminan ini akan membuat kedua belah pihak (peminjam dan pemberi pinjaman) sama-sama dilindungi oleh hukum. Selanjutnya adalah bantuan jika Anda kesulitan melunasi pinjaman.

Bantuan ini bukan dimaksudkan untuk menghapus hutang Anda namun untuk mencari solusi terbaik antara Anda dengan pihak pemberi pinjaman melalui negosiasi yang biasanya dibantu oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.