Pentingnya Makanan untuk Ibu Hamil dan Janin

makanan untuk ibu hamil
makanan untuk ibu hamil

Janin di dalam kandungan bisa mendapatkan asupan nutrisi dan gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka dari itu, penting untuk terus memberi asupan makanan untuk ibu hamil yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik. Karena, asupan tersebut juga yang akan membuat janin dalam kandungan tetap sehat.

Ada banyak jenis makanan yang baik untuk ibu hamil :


1. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah makanan yang mengandung banyak sekali kandungan bermanfaat seperti mineral, serat, dan juga vitamin. Kandungan tersebut mampu menjaga kesehatan pencernaan dan juga mencegah konstipasi. Jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi di antaranya seperti mangga, melon, jeruk, kiwi, stroberi, pisang, dan alpukat. Sebaiknya, ibu hamil mengonsumsi 5 porsi buah dengan warna yang berbeda setiap harinya. Selain dimakan langsung, ibu hamil juga bisa mengubahnya ke dalam bentuk jus untuk minuman.

2. Sayuran Hijau

Selain buah, sayuran hijau juga memiliki cukup banyak manfaat yang penting bagi kesehatan. Ada banyak jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Mulai dari sawi, bayam, kale, kubis, dan brokoli. Sayuran tersebut memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan di dalam sayuran yang dibutuhkan oleh ibu hamil di antaranya seperti zat besi, asam folat, kalium, antioksidan, kalsium, vitamin K, dan vitamin C.

3. Kacang-Kacangan

Lengkapi juga makanan sehari-hari dengan kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, lentil, dan kacang panjang. Makanan ini memiliki kandungan folat yang tinggi. Folat adalah kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil. Sebagai informasi folat juga baik pada masa kehamilan di trimester 1. Folat berfungsi agar janin dalam kandungan tidak mengalami cacat saraf dan lahir dengan berat badan rendah.

4. Makanan Berkarbohidrat

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup penting untuk ibu hamil. Beberapa makanan seperti kentang, roti, biskuit, sereal, dan juga nasi, sangat dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber tenaga pada saat beraktivitas. Selain itu, karbohidrat juga sangat dibutuhkan di dalam proses pembentukan organ tubuh dan juga janin pada saat trimester pertama kehamilan.

5. Daging, Telur, dan Ikan

Ketiga makanan di atas sangat diperlukan oleh ibu hamil. Ketiganya merupakan makanan ibu hamil yang menjadi sumber protein dan juga asam lemak omega-3. Kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan otak dan juga sistem saraf janin. Ikan yang bagus untuk ibu hamil beberapa di antaranya seperti salmon, tuna, mujair, mas, dan juga nila.

Nah, itulah makanan untuk ibu hamil yang penting untuk diperhatikan oleh setiap ibu hamil. Makanan tersebut memiliki kandungan yang penting bagi para ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.