Pahami Cara Kerja Mesin Fotocopy Berikut

fotocopy terdekat
Bagi seorang siswa maupun Mahasiswa Fotocopy seakan sudah menjadi bagian dari pendidikan mereka. Entah itu sekedar ingin meng-copy materi belajar, atau bahkan sedang membuat penelitian khusus dari kampus dan sekolah. Sementara itu, bagi seorang pekerja mesin fotocopy telah menjadi sebuah keharusan untuk menduplikasi dokumen penting. Meskipun siswa,mahasiswa, pekerja kantoran, termasuk Anda pasti sering pergi menuju tempat fotocopy terdekat, namun tahukah Anda bagaimana cara kerja sebenarnya dari mesin fotocopy tersebut? 

Walaupun sering dilihat, dan sering digunakan oleh banyak orang, namun hanya sedikit saja yang memperhatikan atau bahkan mengetahui cara kerja dari mesin tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya kita belajar sedikit mengenai cara kerja mesin fotocopy di Snapy. Pakarnya urusan cetak mencetak, termasuk membahas mesin fotocopy ini. Tanpa perlu berlama-lama, mari kita simak penjelasannya berikut ini. 

fotocopy terdekat

Memahami bagian mesin fotocopy

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa mesin fotocopy sering digunakan untuk kebutuhan duplikasi atau menyalin berbagai dokumen yang dirasa penting. Jadi, agar proses tersebut berjalan lancar, ada beberapa hal yang harus ada dan diperhatikan di dalam mesin fotocopy. Mari kita intip apa saja hal tersebut beserta fungsinya. 

1. Kertas utama 

Kertas utama atau kertas master adalah kertas dari sebuah buku, dokumen, dan lain-lain yang akan di fotocopy. Nantinya, bagian ini akan diletakkan tepat di atas permukaan kaca di bagian atas mesin fotocopy. Menghadap ke bawah, hingga akhirnya gambar atau tulisan dapat dideteksi dan terkena cahaya reflektor. 

2. Tabung pemutar 

Agar kertas salinan dapat keluar, maka dibutuhkan drum pemutar yang akan mengeluarkan kertas hasil salinan dari dalam mesin fotocopy yang merupakan hasil dari scan kertas utama. 

3. Tinta /serbuk toner 

Agar hasil duplikat atau salinan terlihat benar-benar mirip, maka dibutuhkan tinta  atau sebuk toner. Nantinya, warna atau pola yang ada dari kertas utama akan di scan, barulah serbuk toner ini akan mengikuti warna dan pola tersebut untuk disalin. 

4. Scan reflektor / cahaya reflektor 

Sering melihat cahaya berwarna hijau saat melakukan proses salinan di mesin fotocopy terdekat? Ya, itu adalah cahaya dari reflektor atau scan reflektor yang bertugas sebagai “mata” untuk menyalin semua yang ada di kertas utama.

5. Kertas hasil salinan 

Terakhir adalah kertas hasil salinan yang merupakan output akhir dari proses di mesin fotocopy. Sudah pasti, bahwa kertas ini merupakan hasil duplikasi atau salinan dari kertas utama. 

Alur kerja mesin fotocopy secara singkat 


  • Letakkan, kertas utama di permukaan kaca di bagian atas mesin fotocopy untuk di scan dan pastikan kertas tersebut menghadap ke bawah. 
  • Cahaya reflektor akan melakukan scan terhadap kertas utama 
  • Setelah di scan, serbuk toner atau tinta akan langsung bekerja untuk mengaliri tinta pada bagian tabung pemutar. Serbuk toner ini akan disesuaikan seperti hasil scanning dari kertas utama. 
  • Tabung pemutar akan bergerak secara otomatis untuk melakukan pencetakan dari hasil scan, menuju permukaan kertas yang akan di salin. Atau kertas fotocopy. 
  • Kertas hasil salinan kemudian akan dipindahkan agar tak ikut kembali terputar oleh putaran tabung tersebut, sekaligus untuk dipindahkan ke proses selanjutnya. 
  • Kertas hasil salinan tersebut kemudian di press agar hasil fotocopy tetap menempel, dan tidak luntur. Barulah kemudian hasil akhir dimana kertas hasil salinan akan keluar pada bagian paper tray. Jika Anda pernah memegang hasil kertas salinan, pasti akan terasa panas bukan? Hal ini berkat adanya proses pressing yang ada pada mesin fotocopy tadi. 

Itulah penjelasan singkat mengenai bagian pada mesin fotocopy dan cara kerjanya yang sering Anda temui di tukang fotocopy terdekat.  Jika Anda membutuhkan hasil fotocopy yang benar-benar berkualitas, rapi, dan memiliki warna yang cerah, maka Snapy adalah pilihan yang tepat. Apalagi pelayanannya pun bisa dilakukan secara offline dan online. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website resminya di www.snapy.co.id sekarang juga! 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.