Menghadapi Pengembangan Sektor Industri di Indonesia

pengembangan industri di indonesia
Saat ini industri di Indonesia berkembang dengan sangat pesat dan cepat. Hal tersebut didukung dengan diberlakukannya era 4.0 yang menyebabkan kemajuan teknologi menjadi lebih modern dan mampu memenuhi kebutuhan negara. Tak heran jika saat ini  pengembangan industri di Indonesia  menjadi salah satu perhatian yang difokuskan oleh negara. Sebab industri sudah menjadi salah satu sumber penghasilan negara.

Tentunya dalam hal pengembangan sektor industri di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Banyak strategi yang harus direncanakan dan dilakukan demi untuk memberikan kelancaran bagi perekonomian Indonesia.

Macam-macam Masalah Industri di Indonesia

Sebagai sektor utama dalam perekonomian Indonesia, tentunya banyak masalah yang dihadapi oleh sektor industri ini, sebab untuk negara lain pun beriringan dalam mengalahkan sektor industri di Indonesia. Berikut beberapa masalah yang sering timbul.
pengembangan industri di indonesia
SDM ( Sumber Daya Manusia )

Terkadang sektor industri masih terhambat pengembangannya sebab keterbatasan dari SDM. SDM yang kurang memadai menyebabkan pengembangan industri menjadi terhambat.

Sumber Pembiayaan

Pembiayaan menjadi salah satu hal vital dalam sektor industri. Pasalnya, tanpa adanya pembiayaan yang sesuai, industri akan sangat sulit untuk melakukan pengembangan sebab keterbatasan biaya untuk memenuhi kebutuhan industri tersebut.

Daya Saing

Banyak dari negara tetangga yang juga melakukan pengembangan industri hampir sama dengan Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi Indonesia mengingat bahwa Indonesia masih belum bisa menyaingi kemampuan negara lain.


Cara Menghadapi Pengembangan Sektor Industri di Indonesia

Karena adanya berbagai hambatan yang sangat banyak untuk melakukan pengembangan industri di Indonesia, tentunya diperlukan berbagai upaya yang demi memperlancar pengembangan sektor Industri seperti :

Melakukan Investasi untuk keperluan pembiayaan
Hendaknya negara mampu melakukan investasi berjangka pada tempat terpercaya untuk dapat menghasilkan pendapatan yang dapat digunakan untuk pembiayaan pengembangan industri

Membuka berbagai pelatihan guna mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memadai
Menyediakan berbagai pelatihan bagi SDM akan sangat menguntungkan, sebab tentunya dari tempat tersebut, akhirnya Indonesia akan melahirkan lebih banyak SDM yang berkualitas dan sangat berpengaruh dalam pengembangan industri.

Melakukan pembaharuan dan menginovasi berbagai produk agar mampu bersaing
Melaksanakan inovasi akan sangat dibutuhkan untuk melahirkan produk baru dari sektor industri yang tidak kalah dengan negara lain supaya mampu bersaing hingga pasar global.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menghadapi pengembangan industri di Indonesia. Tentunya hal tersebut akan sangat penting diperhatikan mengingat semakin banyaknya pesaing yang nantinya bisa merebut posisi industri Indonesia di pasar global.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.