Etika Berinvestasi Pada Investasi Reksa Dana Syariah

Etika Berinvestasi Pada Investasi Reksa Dana Syariah
investasi reksa dana syariah

Definisi berbeda untuk kata "etika." Definisi utama adalah sistem prinsip-prinsip moral, dan definisi sekunder adalah bahwa etika adalah aturan perilaku yang digunakan oleh kelompok atau budaya tertentu. Definisi akhir etika adalah cabang filsafat yang berurusan dengan nilai-nilai yang berkaitan dengan perilaku manusia, sehubungan dengan benar dan salahnya tindakan tertentu serta motif dan konsekuensi masing-masing.

Penerapan etika Investasi Reksa Dana Syariah yang tepat untuk investasi adalah topik yang sangat subyektif yang dapat menimbulkan beberapa pertanyaan sulit bagi investor dan badan pengatur.


Teka-teki Etis
Meskipun definisi investasi etis dapat dinyatakan hanya dengan membeli investasi dari emiten yang bertindak secara etis, investor yang berupaya untuk mencapai ini pertama-tama harus menetapkan serangkaian kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan tindakan dan praktik apa yang dianggap etis bagi mereka.

Salah satu investasi syariah yang kian hari kian digandrungi masyarakat adalah reksadana syariah. Reksadana syariah adalah jenis investasi di mana keseluruhan prosesnya memenuhi syarat halal. Pada reksadana syariah ini, dikenal beberapa istilah seperti masyarakat sebagai pemilik modal, yang biasa disebut dengan istilah rabb al-mal/shabib al-mal yang akan menyetorkan dana serta dikelola oleh wakil pemilik modal, yang bertindak sebagai rabb al-mal tersebut.

Mengingat betapa berkembangnya reksadana syariah ini, serta banyaknya keuntungan yang bisa dipetik oleh masyarakat maka kami menulisnya menjadi satu hal yang sangat menarik. Artikel kali ini akan menyajikan seluk beluk reksadana syariah, termasuk cara kerja serta keuntungan apa saja yang bisa didapatkan bila berinvestasi lewat salah satu investasi berlabel halal ini.

Bagaimana Etika Berinvestasi Pada Investasi Reksa Dana Syariah?

Masalah Etis
Meskipun nilai-nilai dan kepercayaan yang memandu para investor yang berpikiran etis agak berbeda untuk setiap orang, ada beberapa area spesifik dimana etika memainkan peran utama. Beberapa masalah yang lebih menonjol yang diperiksa oleh investor dari sudut pandang etika meliputi:

Tanggung Jawab Lingkungan
Industri berat seperti energi dan manufaktur telah lama dianggap sebagai perusak alam dan margasatwa dengan polusi dan penghancuran hutan, lautan, danau dan sungai. Investor etis Investasi Reksa Dana Syariah menyukai perusahaan yang menggantikan apa yang mereka ambil dari bumi dan mematuhi standar pemerintah untuk emisi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.