Kandungan Gizi Seimbang Untuk Menu Sehat Makanan Bayi

Menu Sehat
Sering kali kita sebagai ibu rumah tangga dilanda kebingungan saat menentukan menu untuk makan keluarga. Terutama dalam menentukan makanan si kecil. Anak anak terutama bayi yang membutuhkan makanan pendamping asi tidak bisa diberikan asal makanan. tentunya menu untuk bayi harus merupakan menu sehat. Selain menu yang sehat juga harus merupakan menu yang seimbang dan mengandung gizi komplit. 

Oleh karena itu ada beberapa kandungan gizi yang tidak boleh dilewatkan dalam menu untuk bayi yang sehat. Di antaranya adalah :
Menu Sehat

Karbohidrat

Bayi juga membutuhkan karbohidrat untuk menambah energinya. Karbohidrat untuk bayi bisa diperoleh dari beberapa makanan sehat seperti beras merah, jagung, ubi, atau bisa juga dari nasi putih. Hanya saja takaran Karbohidrat sebaiknya jangan terlalu banyak karena bayi belum banyak melakukan aktifitas yang menguras energi. Jika bayi terlalu banyak mengonsumsi Karbohidrat maka dihawatirkan bayi akan mengalami obesitas.

Protein

Sumber protein untuk bayi sangat banyak. Dari mulai telur, kacang kacangan, sayuran dan daging serta ikan. Akan tetapi anda harus memastikan terlebih dahulu jika anak atau bayi ada tidak memiliki alergi terhadap beberapa sumber protein yang menyebabkan alergi seperti telur dan daging. Sebab beberapa bayi terkadang memiliki alergi bawaan jika mengonsumsi makanan yang mengandung protei tinggi seperti telur atau daging.

Vitamin

Bayi juga membutuhkan vitamin yang bisa diperoleh dari berbagai jenis buah buahan. seperti buah jeruk yang mengandung vitamin c atau buah anggur yang mengandung vitamin A. atau anda juga bisa memberikan vitamin kepada bayi melalui sayur sayuran. Dan yang bagus adalah aneka sayuran hijau yang segar untuk digabungkan menjadi mpasi dengan menu sehat.

Lemak

Dan jangan sampai dilewatkan jika lemak juga dibutuhkan oleh bayi. Lemak ini sangat berguna untuk menghindarkan bayi dari sembeli. Lemak ini bisa didapatkan dari minyak ikan, minyak zaitun dan minyak lainnya yang memang diperuntukkan dan aman untuk bayi.

Itulah beberapa kandungan mineral yang harus ada dalam menu sehat untuk makanan pendamping asi bagi bayi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.