Penyebab Kulit Kepala Gatal


Rasa gatal yang konstan di kepala tentu sangat mengganggu aktivitas ataupun mungkin membuatmu sangat malu. Sebelum menghilangkannya, maka kenali dulu dari penyebab kulit kepala gatal sebagaimana berikut. Kondisi gatal pada kulit kepala dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari ketombe hingga penyakit serius seperti diabetes. Namun secara umum, inilah penyebab kulit kepala gatal yang sering terjadi beserta cara penanganannya.

Tinea capitis atau yang bisa disebut kurap adalah salah satu infeksi kulit akibat jamur. Bila menyerang kulit kepala, kurap dapat menyebabkan lingkaran kebotakan yang berisi ruam dengan titik-titik hitam. Lingkaran tersebut dapat terbentuk karena penyakit ini menyebar jauh ke dalam folikel rambut. 

Lingkaran ini pun dapat meluas seiring berjalannya waktu. Salah satu cara penanganannya berbeda dengan kurap di kulit tubuh yang bisa diatasi dengan obat oles yang dijual bebas. Kurap di kulit kepala membutuhkan obat minum dengan resep dokter.

Penyebab terumum kulit kepala gatal adalah dermatitis seboroik. Kondisi ini pun menjadi salah satu penyebab ketombe yang utama. Infeksi kulit ini kemungkinan besar terjadi di area kelenjar minyak, termasuk di kulit kepala. Dermatitis seboroik pada kulit kepala menyebabkannya terasa gatal, mengelupas, memerah, serta muncul sisik-sisik putih atau kuning. Pertumbuhan jamur berlebih, naik-turunnya hormon, dan pergantian musim bisa menjadi pemicu kondisi ini. Cara penanganannya, Anda bisa menggunakan sampo dengan kandungan bahan yang dapat mengontrol pertumbuhan jamur seperti zinc pyrithione dan selenium.

Cara menghilangkan kutu rambut, Anda bisa membeli sisir serit, yaitu sisir bergigi rapat untuk menyingkirkan kutu rambut. Atau Anda bisa mencuci rambut dengan sampo khusus penghilang kutu yang mengandung insektisida pyrethrin atau permethrin. Salah satu sampo yang dapat menghilangkan kulit kepala gatal adalah sampo Clear. Sementara itu, hilangkan gatal-gatal di kulit kepala dengan menggunakan CLEAR Men Deep Cleanse dengan Karbon Aktif dan Mint. Kandungan aktifnya dapat juga membantu membersihkan dan mendinginkan permukaan kulit kepala.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.