Pentingnya Memupuk Kecerdasan Spiritual Sejak Dini

 Pentingnya Memupuk Kecerdasan Spiritual Sejak Dini
Kecerdasan ternyata tidak dapat kita ukur melalui IQ saja, saat ini cukup dikenal juga dengan istilah Spiritual Quotient atau SQ yang merupakan suatu tingkat kecerdasan spiritual seseorang tentang pemahamannya pada sang pencipta. 

Pemahaman akan adanya sang pencipta merupakan salah satu kecerdasan yang penting bagi setiap orang agar mereka bisa tetap dalam jalur pemahaman yang lurus yakni sebuah prinsip yang berlandaskan pada nilai – nilai yang positif. 
Pentingnya Memupuk Kecerdasan Spiritual Sejak Dini 
Spiritual quotient atau yang dikenal dengan SQ ini merupakan suatu kemampuan si Kecil yang pada nantinya mereka dapat memahami keberadaanTuhan dengan baik sesuai dengan ajaran keagamaan.

Dirinya kemudian akan memahami jika Tuhan adalah pencipta alam semesta dan isinya, dan juga mengatur kehidupan, serta memerintahkan manusia untuk melakukan hal yang baik, serta terus mengontrol apa yang mereka akan lakukan.

Memupuk kecerdasan spiritual pada si kecil bisa dilakukan sejak dini oleh setiap orang tua melalui beberapa macam hal. Meskipun konsep ketuhanan merupakan suatu hal yang abstrak, akan tetapi bukan berarti setiap orang tua tidak dapat mengajarkannya pada si kecil. 

Lewat keseharian, menurut Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, MPsi setiap orang tua bisa mengajarkannya melalui beberapa cara berikut ini: 

pertama melalui pengasahan SQ di usia balita melalui beberapa permainan seperti permainan petak umpet yang mengajarkan mereka bahwa suatu hal yang tidak terlihat bukan berarti dia tidak ada, yang kedua pilihlah tema – tema film yang mengandung unsur spiritual dan yang ketiga pastikan si kecil memiliki model identifikasi SQ di rumah.

SQ ini benar- benar penting sekali bagi setiap orang, maka dari itu ajarilah mereka dan pupuk mereka tentang pemahaman tentang ketuhanan sejak dini. Selain memberikan mereka pembelajaran – pembelajaran, penting juga bagi setiap orang tua untuk memberikannya yang terbaik dalam hal makanan yang bergizi. 

Pola makan yang sehat akan membuat mereka memiliki hidup yang jauh lebih berkualitas. Selain itu, berilah mereka susu yang bergizi karena susu ini selain bermanfaat untuk kesehatan baik juga untuk perkembangan otak mereka sebagai fondasi dalam belajar.
Diberdayakan oleh Blogger.