Ketahui Jenis Metode Pembayaran Online

Ketahui Jenis Metode Pembayaran Online

Metode pembayaran online adalah metode pemrosesan transaksi ekonomi berbasis Internet. Ini memungkinkan vendor menerima pembayaran melalui web atau melalui koneksi internet lainnya, seperti koneksi database langsung antara toko ritel dan pemasok mereka - metode umum untuk merawat persediaan tepat waktu. Sistem pembayaran online sangat memperluas jangkauan bisnis dan kemampuannya untuk melakukan penjualan.

Sistem e-payment adalah cara melakukan transaksi atau pembayaran barang dan jasa melalui media elektronik tanpa menggunakan cek atau uang tunai. Ini juga disebut sistem pembayaran elektronik atau sistem pembayaran online.

Sistem pembayaran elektronik semakin berkembang dalam beberapa dekade terakhir karena penyebaran perbankan dan belanja berbasis internet. Seiring kemajuan dunia lebih pada pengembangan teknologi, banyak sistem pembayaran elektronik dan perangkat pemrosesan pembayaran telah dikembangkan untuk meningkatkan, memperbaiki dan menyediakan transaksi e-payment yang aman sambil mengurangi persentase transaksi cek dan transaksi tunai.

Metode pembayaran online  bisa dikelompokkan menjadi dua area, yaitu:
Sistem Pembayaran Tunai
Electronic Funds Transfer (EFT): ini adalah sistem elektronik yang digunakan untuk mentransfer uang dari satu rekening bank ke rekening bank lain tanpa adanya pertukaran uang dengan tangan. Sistem ini terdiri dari banyak konsep sistem pembayaran lainnya meliputi:

Debet langsung , yaitu transaksi keuangan dimana pemegang rekening menginstruksikan bank untuk mengumpulkan sejumlah uang tertentu dari rekeningnya secara elektronik untuk pembayaran barang atau jasa.

E-Check , sebuah versi digital dari pemeriksaan kertas lama. Ini adalah transfer uang elektronik dari rekening bank, biasanya rekening giro tanpa menggunakan cek kertas.

Sistem Pembayaran Kredit
Kartu Kredit : ini adalah bentuk lain dari sistem pembayaran elektronik yang mengharuskan penggunaan kartu yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan kepada pemegang kartu untuk melakukan pembayaran secara online atau melalui perangkat elektronik tanpa menggunakan uang tunai, berikut contohnya.

E-Wallet : ini adalah bentuk akun prabayar yang menyimpan data keuangan pengguna seperti informasi debit dan kartu kredit agar transaksi online menjadi lebih mudah.

Kartu pintar : ini menggunakan kartu plastik yang disematkan dengan mikroprosesor yang bisa diisi dengan dana untuk melakukan transaksi dan pembayaran tagihan secara instan. Hal ini juga dikenal sebagai kartu chip.
Diberdayakan oleh Blogger.