Penting Menjaga Perkembangan Janin Dalam Kandungan


Kehamilan adalah sebuah anugerah yang terindah bagi seorang perempuan, dimana tidak semua perempuan bisa mengalami proses tersebut. karena itulah pada masa kehamilan mesti dijaga dengan sebaik mungkin pada setiap trimesternya. Perkembangan janin dalam kandungan terus mengalami peningkatan dan perubahan, dan hal tersebut dapat dilihat dari berubahnya fisik sang ibu terutama di bagian perut. Ada banyak hal yang dapat ibu hamil lakukan untuk merawat dan menjaga masa kehamilannya, terutama di trimester pertama dimana rasa mual dan muntah terus dialami sang ibu. Pada masa itu biasanya ibu sulit untuk mendapatkan nafsu makan karena bawaan dari perkembangan sang janin. Namun walaupun begitu, asupan nutrisi bagi sang ibu dan janin sangatlah penting. Sebagai alternatif, asupan nutrisi tersebut didapatkan dari vitamin yang diberikan oleh bidan ataupun makanan sehat lainnya yang disarankan oleh bidan ataupun dokter kandungan.

Bagi anda yang pada masa kehamilan ini merupakan yang pertama kali, maka anda mesti banyak belajar dan bertanya pada banyak orang yang sudah berpengalaman tentang cara menjaga kondisi anda dan juga janin yang sedang dikandung. Ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan untuk menjaga masa kehamilan yang sedang anda alami supaya terus sehat dan janin pun terus berkembang normal sesuai dengan masa kehamilan normal yaitu :

  • Menjaga pola makan

Asupan nutrisi dari makanan memang sangatlah penting untuk dijaga, dimana asupan makanan akan secara langsung berpengaruh terhadap kondisi tubuh anda. Hindari makanan yang lanyak mengandung bahan kimia, ragi, ataupun makanan lainnya yang dapat merusak kandungan terutama kesehatan janin. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang menyehatkan seperti sayuran, buah-buahan, lauk pauk, dan lain sebagainya yang mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Vitamin, omega 3, protein, merupakan hal yang paling penting dan berguna membantu pembentukan sel tubuh sang janin.

  • Olahraga yang teratur

Pada saat hamil bukan berarti anda harus bermalas-malasan, ada beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat anda lakukan dan tentunya sangat berpengaruh baik terhadap ibu dan juga janin. Beberapa gerakan ringan tersebut tentunya akan melatih kelenturan beberapa organ tubuh ibu supaya tetap segar dan sehat ketika mengandung. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, gerakan-gerakan tersebut dapat membantu mempermudah ibu dalam proses persalinan nantinya dan nafas ibu pun menjadi panjang dan kuat. Beberapa gerakan ringan tersebut dapat anda lihat dan cari di internet yang kini banyak membagikan berbagai tips sehat.

  • Istirahat yang cukup

Pada trimester pertama waktu istirahat ibu tentunya akan sangat terganggu karena gejala mual yang sering dirasakan, dan pada trimester akhir pun ibu akan merasa selalu gelisah sehingga kurang istirahat. Nah untuk mengantisipasinya, ibu dapat beristirahat di waktu yang lebih senggang dan memanfaatkan waktu tersebut untuk tidak beraktivitas yang lain terlebih dahulu. Dan tidak sedikit ibu hamil yang mengalami keguguran karena kecapean dan kurang istirahat.


Ketiga hal tersebut sangat lah berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan, sehingga mesti diperhatikan dengan sebaiknya agar masa kehamilan anda lancar dan dapat dengan mudah saat persalinan. Selain ketiga hal tersebut, masih banyak hal yang mesti anda perhatikan selama masa kehamilan terutama menjaga sikap anda agar tidak mengganggu janin dalam kandungan. Selain itu, anda juga sudah harus mempersiapkan kehadirannya dengan menyediakan berbagai perlengkapan untuk sang buah hati tercinta yaitu baby starter kit dari JOHNSON’S® .
Diberdayakan oleh Blogger.