Kacamata Wanita yang Cocok Untuk Lansia

Pengguna kacamata sangatlah beragam, mulai dari anak – anak, remaja, dewasa sampai lansia. Alasannya juga bervariasi mulai dari perawatan mata, pengobatan minus, pengobatan katarak, ataupun hanya sekadar kacamata untuk bergaya. Akan tetapi untuk para ibu – ibu lansia juga banyak yang menggunakan kacamata wanita yang biasanya digunakan untuk alasan kesehatan. Banyak yang kemudian menggunakan kacamata untuk mengatasi keluhan rabun dekat, yaitu sebuah kondisi yang membuat lansia tidak dapat melihat dengan jelas suatu objek dalam jarak terlalu dekat.

Ada banyak kemudian kacamata yang ditawarkan terkait dengan fungsinya antara lain : single visions lens, progressive lens, dan juga bifocal lens. Tentu saja yang dapat menentukan pemilihan lensa yang sesuai adalh dokter mata yang sudah berpengalaman dengan melakukan beberapa tes terhadap calon pemakai kacamata. Untuk lansia yang paling diperlukan adalah kacamata yang kuat namun tidak berat dan membebani hidung dan mata. Ini dikarenakan sifat kulit dan juga kekuatan lansia yang sudah jauh berkurang dibandingkan dengan masa mudanya dahulu. Maka pemilihan kacamata wanita tanpa frame tentu akan menjadi pilihan paling solutif untuk mengatasi keluhan ini. Pilih material yang sikiranya tidak membuat kulit luka dan juga menjadi alergi, karena kulit lansia biasanya sangat sensitif karena telah menurun daya tahannya.

Pemilihan warna juga sangat perlu menjadi pertimbangan, karena akan sangat tidak cocok ketika ada nenek – nenek lansia menggunakan frame dan gagang kacamata dengan warna merah menyala. Hal ini malah akan memberikan kesan sok muda tetapi tidak sesuai. Ada baiknya bila memilih warna – warna yang netral seperti abu – abu, coklat gelap, ataupun hitam sebagai pilihan yang ideal. Untuk bagian frame dan juga gagag kacamata ada baiknya memilih yang menggunakan material plastik, agar wajah tidak terlalu keberatan beban dengan frame yang berat.

Untuk yang terakhir adalah masalah keamanan saat digunakan. Ada baiknya untuk lansia menggunakan kacamata wanita yang diberikan tali panjang yang menghubungkan setiap gagangnya. Fungsinya adalah sebagai salah satu cara agar ketika kacamata lepas tidak langsung jatuh ke lantai. Hal ini karena sangat terkait dengan lansia yang biasanya lupa menaruh kacamata dan membuatnya sering kehilangan kacamatanya.
Diberdayakan oleh Blogger.