Cara Berobat Menggunakan Kartu BPJS Ketika Perawatan di Rumah Sakit

cara proses menggunakan kartu bpjs

BPJS termasuk salah satu kartu berobat yang menjadi salah satu hasil dari layanan kesehatan dari pemerintah. Kartu resmi ini dapat diperuntukan bagi semua golongan dari masyarakat tingkat atas hingga yang kurang mampu. Dengan menggunakan kartu ini, Anda bisa lebih menghemat biaya bahkan mendapatkan potongan yang besar. Seperti sebuah kartu asuransi yang menjamin kesehatan Anda untuk berobat rawat jalan ataupun inap. Dalam perannya, cara untuk berobat menggunakan kartu BPJS ini tidaklah sulit, namun diperlukan beberapa kelengkapan dokumen dan beberapa hal lainnya.

Dapat dikatakan bahwa kartu BPJS ini hadir sebagai kemudahan dalam pembiayaan entah itu untuk berobat ataupun untuk perawatan lainnya. Dari kartu resmi ini, setiap pemiliknya bisa mendapatkan beberapa pelayanan yang mendukung, seperti pembiayaan yang lebih terjangkau. Seperti yang diketahui bahwa biaya perawatan inap ataupun jalan tidaklah murah. Dengan kartu tersebut semua perawatan yang dibutuhkan tak lagi terhalang karena biaya yang mahal.

Untuk memulai fungsi sekaligus manfaat dari kartu BPJS ini, dapat diawali dari beberapa langkah yang mudah. Yang mana cara berobat dengan kartu BPJS tersebut antara lain ialah:

  • Siapkan fotokopi kartu BPJS, KK, kartu identitas dalam jumlah yang rangkap, setidaknya minimal tiga sebagai dokumen pelengkap.
  • Pilih rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, untuk lebih menyakinkan lagi bisa ditanyakan terlebih dahulu.
  • Siapkan uang untuk pembiayaan bila nantinya ada beberapa kekurangan yang harus dibayarkan.
  • Daftarkan diri dengan segera untuk berobat dari pilihan untuk obat jalan ataupun dilanjutkan dengan perawatan inap.
  • Tanyakan kembali syarat dan ketentuannya, dan pada umumnya ialah kelengkapan dokumen tersebut.
  • Cantumkan surat rekomendasi dari puskesmas bila telah datang ke puskesmas terlebih dahulu dan copy pula dokumen tersebut.

Dari beberapa upaya tersebut, dapat dijelaskan bahwa penggunaan kartu BPJS untuk berobat tidak ribet. Bahkan dalam pengobatan di Rumah sakit sekalipun bisa dilakukan dengan mudah. Yang mana cara berobat menggunakan kartu BPJS di layanan kesehatan tersebut harus pilih-pilih terutama di Rumah sakit yang negeri, bila swasta sangat sulit. Untuk itu, pastikan kembali bahwa tempat yang dipilih benar-benar telah bekerja sama dengan pihak BPJS.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.