Tips Memilih Speaker Multimedia Terbaik

Saat ini dunia audio dan video sudah semakin maju. Jika pada masa sebelumnya kita hanya bisa menikmati alunan lagu menggunakan kaset dengan pita maka sejak hadirnya teknologi MP3 dan alat penyimpanan flashdisk maka teknologi berkembang dengan pesat. Perkembangan ini memicu hadirnya berbagai perangkat pemutar audio menjadi lebih praktis. Namun untuk menikmati audio di rumah, orang masih menggunakan media secara terpisah antara pemutar audio dengan speaker aktifnya karena dinilai lebih maksimal dalam menghasilkan suara. Seperti speaker aktif yang penjualannya masih sangat baik dan peminatnya kiat bertambah. Speaker terbaik kini banyak digunakan untuk mendampingi fungsi komputer untuk bekerja. Bagi anda yang berniat membeli speaker aktif, berikut ini kami hadirkan beberapa tips untuk memilih speaker aktif.


Pertama, lihat besarnya daya keluaran. Kualitas suara yang dihasilkan speaker aktif sangat bergantung pada besarnya daya keluaran dari speaker tersebut. Jika anda melihat ukuran speaker aktif dengan daya 100 watt RMS maka hal itu sudah cukup besar dan dapat dipilih.

Kedua, sistem yang digunakan. Untuk menikmati dahsyatnya suara musik atau detail dari suara film yang ditonton, maka anda membutuhkan speaker aktif yang memiliki suara detail dari frekuensi rendah hingga frekuensi tinggi. Hal ini bergantung dari sistem yang diterapkan pada speaker aktif. Secara umum ada 2 sistem pada speaker yakni 2 way (2 jalur) dan 3 way (3 jalur). Untuk kualitas suara detail anda sebaiknya memilih sistem 3 way agar mendapatkan kualitas suara lebih detail.

Ketiga, ukuran woofer. Kualitas speaker aktif akan semakin maksimal dengan dukungan ukuran woofer yang sesuai. Agar mendapatkan kualitas yang baik, setidaknya anda bisa memilih woofer berukuran 8”, tentu dengan dukungan daya keluaran yang memadai.

Keempat, konektivitas. Saat ini perangkat pemutar suara sangat beragam. Dalam memilih speaker aktif, anda harus memilih speaker dengan konektivitas yang lengkap, sehingga speaker terbaik anda dapat digunakan untuk menampilkan suara dari berbagai perangkat mulai dari DVD, komputer, gadget. Input yang lengkap ini jika speaker memiliki port model RCA, jack 3.5 mm, port USB dan bluetooth.
Diberdayakan oleh Blogger.