cara memandikan bayi baru lahir dengan spons

Bayi yang baru dilahirkan memiliki kulit yang amat sensitif dan lembut. Selain itu cara memandikan bayi baru lahir juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Pastikan suhu ruangan anda tidak terlalu panas, yaitu berkisar 24 derajat celcius atau 75 derajat Fahrenheit. Hal ini dikarenakan lemak pada tubuh bayi sangat terbatas dan mereka dapat kehilangan panas tubuh 4 kali lebih cepat dari orang dewasa. Selain itu jika anda ingin merendam tubuh bayi yang baru lahir pastikan anda telah mendapat persetujuan dari tenaga kesehatan.



Cara memandikan bayi baru lahir pada minggu-minggu pertama atau hingga tali pusar putus dapat dilakukan dengan cara membasuh tubuh bayi anda dengan spons. Hal ini sangat dianjurkan, apalagi suhu di rumah anda rendah. Mandi dengan spons sangat aman bagi bayi baru lahir, karena bayi tidak melalui proses perendaman, berikut adalah langkah-langkah memandikannya.

1.    Siapkan semua keperluan untuk memandikan bayi.
2.    Periksa suhu air yang akan digunakan, dengan cara mencelupkan siku anda kedalam air tersebut. Jika air tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, itu menandakan suhu air telah aman untuk bayi anda. Air hangat memberikan peran penting saat memandikan bayi, karena dapat memberikan rasa nyaman dan untuk menjaga suhu bayi anda. Perlu anda ketahui, suhu air hangat yang ideal adalah 33-37 derajat celcius.
3.    Jangan sekali-kali anda memandikan bayi anda yang baru lahir dengan air dingin, karena sangat berbahaya.
4.    Baringkan bayi anda diatas alas anti air, dan handuki bagian tubuh bayi yang masih belum dimandikan agar bayi anda tidak kedinginan.
5.    Gunakan lap khusus yang telah dicelupkan di dalam air hangat dan diperas, untuk membersihkan wajah dan tangan bayi.
6.    Gunakan spons khusus yang telah dicelupkan dalam air yang telah dicampur dengan sabun mandi bayi Zwitsal dan jangan terlalu diperas, pastikan spons sedikit basah. Kemudian basuh tubuh bayi secara lembut.
7.    Bila sudah membasuh tubuh bayi, gunakan waslap untuk menyeka sisa sabun.
8.    Untuk daerah kemaluan gunakan waslap yang telah dicelupkan ke air bercampur sabun bayi Zwitsal. Lalu seka kembali dengan waslap yang bersih.
9.    Keringkan tubuh bayi dengan handuk yang lembut dan segera tutupi tubuh bayi anda dengan handuk kering agar tidak kedinginan.

Cukup mudah bukan memandikan bayi. Pastikan disetiap kali anda memandikan bayi anda, jangan lupa menggunakan sabun mandi dan shampoo bayi dari Zwitsal. Hal ini karena, Zwitsal telah lama dipercaya oleh para ibu akan keamanannya dan keunggulannya dari produk yang lain.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.