Pelajari Manfaat Baik Tahu Sebagai Makanan Tinggi Protein Yang Baik Bagi Tubuh

Membahas soal protein, zat satu ini terbilang memiliki peran yang begitu penting untuk membantu terciptanya kondisi tubuh manusia yang sehat. Oleh karena itu asupan zat protein tersebut harus dapat disediakan dan diselipkan dalam sajian menu makanan yang dikonsumsi setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan asupan protein harian tidak mesti selalu berasal dari sumber protein yang berharga mahal akan tetapi masih tersedia banyak pilihan sumber protein lainnya yang tergolong lebih terjangkau untuk mencukupi asupan protein bagi tubuh tersebut salah satu diantaranya ialah dapat diperoleh dari tahu.

Tahu tergolong makanan tinggi protein populer yang tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun termasuk makanan murah meriah namun jangan pernah memandang sebelah mata zat dan nutrisi apa saja yang terkandung dalam tahu tersebut karena jumlah protein yang tersimpan dalam tahu sendiri tidak kalah nilai serta kualitasnya dengan jumlah protein tinggi yang biasa terkandung dalam produk hewani seperti daging maupun telur.

Tahu yang bertekstur lembut yang biasa tersedia dalam warna putih dan kuning ini adalah makanan murah meriah dengan citarasa yang nikmat. Tak mengherankan apabila tahu ini menjadi makanan yang banyak disukai oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia dari kalangan manapun. Banyak kandungan gizi bermanfaat yang terselip dalam tahu ini selain daripada kandungan proteinnya dimana tentu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti karbohidrat, mineral, lemak, fosfor, kalori, vitamin B kompleks, vitamin B12, kalsium dan juga kalium. Secara spesifik lagi manfaat baik tahu bagi kesehatan tubuh tersebut adalah seperti yang dipaparkan berikut ini :

 1. Mampu Mencegah Osteoporosis Tahu dinilai memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit osteoporosis karena di dalam tahu tersimpan kalsium yang tinggi. Dengan begitu tahu memang memiliki efektivitas yang baik untuk mencegah berbagai macam gangguan tulang seperti kelemahan tulang, kehilangan tulang, rheumatoid arthritis, dan juga postmenopause yaitu penyakit tulang pada wanita.

2. Mampu Mencegah Penyakit Jantung Mengapa tahu efektif dalam menurunkan resiko penyakit jantung? Karena dalam tahu tersebut terkandung protein kedelai dimana apabila dikonsumsi secara rutin memang ampuh membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung.

3. Mampu Menurunkan Berat Badan Untuk program diet, tahu tepat untuk dikonsumsi setiap hari. Meskipun tergolong makanan tinggi protein namun tahu memiliki jumlah kalori yang rendah sehingga tak akan berefek pada penambahan berat badan yang drastis. Kandungan protein tingginya akan membuat perut tidak mudah merasa lapar sehingga mampu lebih menahan nafsu makan.

4. Mampu Meningkatkan Produksi Energi Fungsi tahu lainnya ialah kemampuannya dalam meningkatkan produksi energi. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan zat besi tinggi yang ada pada tahu tersebut dimana menyediakan sebesar30% dari kebutuhan total zat besi setiap harinya. Selain itu tahu pun menyediakan 10% dari total kebutuhan tembaga yang diperlukkan setiap hari dan tidak kalah ketinggalan juga terdapat kandungan isoflavon yang efektif untuk membentuk estrogen pada tubuh.
Diberdayakan oleh Blogger.